INFO DAPUR

 Memanfaatkan Sisa Hidangan

Membayangkan menyantap hidangan sama yang dihangatkan selama 3 hari berturut-turut pasti membosankan. Anda dapat mengolah hidangan tersebut menjadi sajian kreasi baru. Tentu saja tidak semua hidangan layak diolah. Kami berikan tipsnya berikut ini :

1.     Olahlah sisa hidangan yang masih layak dikonsumsi (tidak basi).

2.    Pisahkan sisa bahan dari bumbu.

3.    Sisa bumbu rendang atau opor, bisa diolah menjadi aneka variasi nasi goreng. Agar rasanya kian mantap, tambahkan irisan bumbu seperti bawang merah dan bawang bombai, cabe rawit, daun kemangi, kecap manis sedikit. Atau bisa dijadikan bumbu penyedap olahan lainnya. Seperti telur mata sapi bumbu rendang.

4.    Sisa daging, bisa disuir kasar atau dicincang halus. Manfaatkan untuk isian samosa, pastel, roti, pizza, sandwich atau omelet.

5.    Jika keluarga Anda penggemar bubur. Suir-suir sisa daging. Larutkan sisa bumbu dengan larutan kaldu. Panaskan kembali hingga kuah mengental. Sajikan sebagai kuah bubur.

6.    Masakan yang sudah berulang kali dihangatkan, rasanya akan berubah menjadi asin. Tambahkan irisan kentang atau timun. Panaskan dengan api sedang. Tunggu sampai kentang atau timun layu. Cicipi rasanya. Pasti lebih sedap.

 ----oo----

Manfaat Lain Sayur

Aneka jenis sayuran sebagai bahan olahan hidangan, tapi juga dapat menghilangkan bau, mengusir serangan binatang dan lain sebagainya.

1.  Kentang

Sepatu yang sehari-hari digunakan seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap. Agar terhindar dari bau. Irislah kentang dalam potongan yang tebal. Letakkan irisan kentang di bagian tumit. Biarkan semalaman. Buang kentang dan bersihkan bagian sepatu.

2.  Merica

Masukkan 1 sendok makan merica yang baru disangrai ke dalam kain kasa. Ikat ujungnya, kemudian letakkan dalam laci meja tempat menyimpan sendok kayu dan piranti dapur lainnya. Laci tersebut pasti bebas dari kecoa.

3.  Mengkudu

Walau hanya daunnya yang bisa diolah menjadi buntil, bukan berarti buah mengkudu atau pace tidak berguna. Selain diambil sarinya dan dimanfaatkan sebagai obat, buah mengkudu yang matang dan hampir mendekati busuk cukup ampuh mengusir tikus dan curut. Letakkan buah mengkudu ditempat yang merupakan jalan tikus atau curut. Binatang nakal tersebut pasti akan menjauh dan tidak akan mengganggu dapur Anda karena aroma buah mengkudu.

v  Tabloid Wanita Indonesia

 

 

 

Buletin edisi 23, Juni 2008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI