ARTIKEL PILIHAN


Menghemat di Segala Bidang

Menghemat termasuk salah satu kebiasaan baik, untuk masa depan yang lebih baik. Terlebih lagi di saat harga barang-barang kebutuhan hidup meningkat. Berikut, beberapa langkah sederhana untuk menghemat di segala bidang.

Hemat Energi/Listrik

Penerangan

·      Sepuluh persen dari tagihan listrik bulanan Anda merupakan pemakaian untuk penerangan. Anda dapat menghemat tagihan listrik dengan menurunkan watt lampu yang digunakan. Jika Anda menggunakan bohlam 100 watt padahal 60 watt sudah memadai, coba ganti dengan yang 60 watt. Atau gunakan lampu neon hemat listrik.

·         Teknik dekorasi dapat membuat ruang lebih terang. Gunakan warna-warna muda untuk dinding, gorden, karpet dan upholstery. Warna-warna muda dapat memantulkan cahaya dan dapat mengurangi jumlah lampu yang diperlukan untuk menerangi ruangan secara adekuat.

Alat-alat rumah tangga

Listrik

·         Pilihan peralatan listrik jenis hemat energi.

·       Jaga agar alat-alat listrik selalu bersih. Alat-alat listrik yang bekerja secara tepat mengurangi jumlah energi yang digunakan.

Vacuum-coil lemari pendingin dan Anda akan melihat siklus on dan off lemari pendingin akan berkurang. 

Komputer

Komputer termasuk banyak menggunakan listrik. Menyetel komputer dalam keadaan sleep disaat Anda meninggalkan komputer untuk aktivitas yang lain memang secara bermakna menghemat listrik. Tapi penghematan yang sebenarnya terjadi jika komputer dimatikan saat tidak digunakan.

Pastikan untuk mematikan – turn off – komputer Anda sebelum meninggalkan rumah.

Kompor

·      Jika Anda menggunakan kompor gas, jaga agar tungku selalu bersih. Tungku kotor menyebabkan pembakaran yang tidak efisien sehingga memboroskan gas. Jika Anda menggunakan kompor listrik matikan tungku beberapa menit sebelum selesai masak. Tungku akan tetap panas cukup lama untuk menyelesaikan proses masak tanpa menggunakan listrik lagi.

·      Jika menggunakan oven, buka seperlunya saja. Setiap kali Anda membuka pintu oven, panas keluar dari oven dan oven akan menggunakan lebih banyak energi untuk mempertahankan temperature.

·     Gunakan pressure cooker atau panci presto dan oven microwave setiap kali memungkinkan. Keduanya menghemat energi.

·         Jika masak air, selalu tutup panci. Air akan mendidih lebih cepat karena tutup panci menahan   panas agar tidak keluar.

Pendingin ruangan

·     Jangan meletakkan thermostat AC atau pendingin ruangan di dekat lampu, peralatan listrik lainnya atau terkena sinar matahari langsung. Panas di daerah ini akan ditangkap thermostat dan dapat menyebabkan AC bekerja lebih lama dibanding yang diperlukan.

·       Tutup pintu kamar yang jarang digunakan, misalnya kamar tamu. Selain itu, tutup juga pintu      lemari, pantry, dan pintu gudang. Space ekstra ini tak perlu didinginkan.

·         Tata ulang perabot Anda Jika vent AC tersembunyi di balik sofa dan kursi, semua udara dingin akan terhambat sebelum mencapai bagian tengah ruangan. Pindahkan perabot sehingga vent AC terekspos.

·         Matikan kipas ventilator kamar mandi dan dapur. Kipas ini hanya menyedot udara dingin keluar sehingga AC harus kerja lembur. Gunakan kipas ini seperlunya saja atau saat diperlukan. Sesudah itu langsung matikan.

                  • Wawan Bastian / Kompas Minggu

----oo----

Komposter Rumah Tangga

Solusi Mudah Atasi Masalah Sampah 

Sampah adalah salah satu masalah besar di perkotaan. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka volume sampah juga bertambah. Kita tidak bisa sepenuhnya mengandalkan fasilitas pemerintah, seperti armada transportasi sampah dan TPA, karena jumlahnya sudah sepadan dengan sampah yang dihasilkan. Kini saatnya kita lebih proaktif dalam mengelola sampah rumah tangga.

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum menemukan sebuah cara untuk menekan jumlah sampah dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna yaitu KOMPOSTER RUMAH TANGGA. Teknologi yang telah diperkenalkan sejak tahun ’90-an ini, juga dipercaya dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah basah dan menurunkan resiko bahaya di TPA. Prinsip kerja dari Komposter Rumah Tangga yakni mengelola sampah organik dapur dengan bantuan mikro organisme yang ada didalam sampah dan tanah di sekitarnya, menjadi pupuk organik (kompos).

Pembuatan alat Komposter Rumah Tangga ini tidak mahal, karena dapat memanfaatkan pot tanaman. Alat ini juga efisien karena tidak memerlukan banyak tempat, karena dapat diletakkan di pekarangan rumah. Berikut ini adalah cara pembuatan kompos dengan menggunakan pot :

  1. Pisahkan sampah antara sampah basah dan sampah kering.
  2. Sediakan wadah/pot, dengan dasar berlubang.
  3. Masukkan pasir dan ratakan, untuk menutupi lubang agar tidak terjadi penyumbatan.
  4. Masukkan sampah dapur/organik yang telah dipilah.
  5. Bila tersedia, masukkan kotoran ternak di atas lapisan sampah dan tutup dengan lapisan kapur.
  6. Kemudian tutup dengan tanah, ratakan hingga sampah tertutup sempurna.
  7. Lakukan langkah berikutnya dengan membuat lapisan-lapisan seperti langkah no. 3,4 dan 5 hingga pot penuh.
  8. Diamkan selama 1 sampai 2 bulan, selama proses pengomposan siram pot tersebut setiap hari, jangan terlalu basah.
  9. Bila telah menjadi kompos, aduk.
  10. Diamkan beberapa hari dan pot siap ditanami.

Kita jangan memusuhi sampah, karena semakin memusuhinya, maka semakin berkurang kepedulian kita untuk mengatasi masalah sampah. Sesuatu yang besar dimulai dari hal-hal sepele. Kita bisa memulai untuk menyelamatkan lingkungan, sekaligus menyukseskan program pemerintah untuk menekan jumlah sampah, dari rumah kita sendiri.

                • Makalah Ir. Lya Taufik K.,MT,Badan Penelitian dan Pengembangan-DPU

----oo----


Grapefruit Membantu Mencegah Penyakit Gusi

Grapefruit, sejenis jeruk yang sering digunakan untuk diet penurunan berat badan, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam British Dental Journal, ditemukan dapat membantu mencegah penyakit gusi. Studi-studi sebelumnya menemukan, kekurangan vitamin C di dalam darah dikaitkan dengan meningkatnya resiko penyakit periodontal. Di dalam banyak studi, vitamin C dalam bentuk suplemen, efektif dalam mengurangi inflamasi dan infeksi penyakit periodontal dan meningkatkan regenerasi jaringan-jaringan gusi.

Studi terkini menemukan makan grapefruit setiap hari dapat meningkatkan kadar serum vitamin C dan mengatasi periodontitis.

Dalam studi, para ahli membagi 58 pasien dengan periodontitis kronik menjadi 2 grup. Grup yang dites terdiri dari 21 orang yang tidak merokok, 17 perokok dan grup pembanding yang terdiri dari 11 orang tidak merokok dan 9 perokok. Grup yang diuji disuruh makan 2 buah grapefruit sehari selam studi yang berlangsung 2 minggu.

Grapefruit yang dimakan dalam studi ini di beli di supermarket, berat per buah 300 gram. Satu buah grapefruit mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Orang sehat direkrut untuk perbandingan kadar plasma vitamin C antara orang yang sehat dan pasien.

Evaluasi klinik meliputi indek plak (PI), sulcus-bleeding index (SBI), probing pocket depths (PPD), dan kadar plasma vitamin C ditentukan sebelum dan sesudah studi 2 minggu berakhir.

Perokok ditemukan mempunyai kadar plasma vitamin C yang 29% lebih rendah dibanding yang tidak merokok. Vitamin C pada pasien periodontitis di bawah kadar normal. Konsumsi grapefruit menaikkan kadar plasma vitamin C dari 0,39 menjadi 0,74 mg/dl pada pasien perokok dan dari 0,56 sampai 0,87 mg/gl pada pasien non perokok dengan periodontitis.

Para periset mengatakan, diperlukan studi jangka panjang tentang apakah akibat lain dari periodontal juga membaik dengan mengkonsumsi grapefruit.

WHO Collaboration Centre, Prevention of oral disease mengingatkan, sering makan grapefruit dan buah-buah jeruk dapat meyebabkan erosi dental, Jika vitamin C berkhasiat untuk penyakit gusi, coba sumber vitamin C yang lain seperti buah-buahan lain, dan sayuran yang kaya vitamin C. Buah yang kaya vitamin C antara lain : jeruk, grapefruit, tomat, nanas, brokoli, cantaloupe, kembang kol, asparagus dan strowberi.

Para periset menyarankan, sesudah makan buah-buahan asam, termasuk buah-buah jeruk seperti grapefruit, jangan lansung menggosok gigi. Cairan asam dari jus jeruk dapat melunakkan email gigi sehingga rentan erosi.

v  Rien S. Jaya

 

 

Buletin edisi 22, Desember 2007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI