ARTIKEL PILIHAN

 Baju Apek, Nggak Deh !

 

Terkadang kita tidak menaruh perhatian pada pakaian kita sendiri. Begitu kotor atau bersih langsung saja ditumpuk di sudut ruangan. Atau mungkin Anda mencuci pakaian lalu memasukkan ke dalam lemari tanpa mengeceknya ? Hal itu juga dapat membuat pakaian Anda berjamur.

 

Udara segar sangat baik untuk pakaian Anda. Jangan lupa bahwa pakaian juga perlu bernafas seperti Anda. Untuk menjaga pakaian selalu “sehat” tanpa bau apek simak tips berikut ini :

 

1)    Terkadang Anda bisa ceroboh saat mengangkat jemuran. Pakaian yang masih dingin atau belum kering benar Anda tumpuk dengan yang bersih. Sebaiknya hal ini Anda hindari, pakaian semi kering tadi bisa menimbulkan bau apek pada baju itu sendiri dan baju lain.

2)   Hindari menyeterika pakaian yang belum kering benar. Pakaian basah yang terkena panas setrika biasanya menimbulkan bau tak enak. Bau panas yang berlebihan dan bisa merusak baju. Jika pakaian seperti ini Anda simpan di lemari, otomatis pakaian itu akan menularkan bau apek di lemari Anda.

3)   Sebelum Anda menyimpan baju ke dalam lemari. Pastikan pakaian Anda itu dalam keadaan bersih dan benar-benar kering. Ini adalah hal yang wajib Anda lakukan.

4)   Berikan ruang bernafas bagi koleksi baju Anda. Jika Anda akan menyimpannya dalam waktu yang lama masukkan saja dalam kardus atau plastik yang telah Anda lubangi agar udara bisa keluar masuk. Lemari yang paling rapi dan baik bagi pakaian adalah yang terbuat dari kayu. Kita tak perlu menyiapkan lobang khusus untuk baju bernafas.

5)   Perhatikan suhu ruangan tempat penyimpanan baju. Jangan menyimpan kardus berisi baju di ruang dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Jika kondisi ruang terlalu lembab, aroma pakaian Anda pun dipastikan akan apek.

6)   Noda makanan atau keringat dari baju yang tersimpan dalam lemari bisa menimbulkan ngengat. Biasanya ngengat senang sekali membuat lubang di pakaian Anda. Jika tak ingin pakaian kesayangan Anda di makan ngengat periksa ulang lemari Anda. Keluarkan pakaian kotor dan bersihkan.

7)   Bubuhkan kamper dalam lemari Anda. Selain berkhasiat untuk mengusir ngengat, kamper juga bermanfaat untuk menambah aroma segar dalam lemari Anda. Namun jangan lupa menggantinya saat habis ya ……

 

 

 ----oo-----

 

 

Olahraga di Mobil Oke Juga !

 

Berolahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tak punya waktu, tak bisa lagi jadi alasan. Olahraga di mobil saja! Anda bisa memanfaatkan waktu macet bukan ?

 

Anda pasti berpikiran bahwa olahraga di dalam mobil adalah kegiatan yang konyol dan tak mungkin dilakukan. Namun latihan ringan bisa membantu Anda membakar kalori, melemaskan bagian tubuh yang kaku dan membuat Anda lebih bersemangat berkendara.

 

1)    Remas dan lepaskan. Latihan ini adalah latihan biasa yang paling mudah dilakukan di dalam mobil. Latihan ini melibatkan otot-otot Anda untuk menahan sebentar kemudian lepaskan.

 

2)   Lepaskan ketegangan di leher dan pundak dengan menggerakkan pundak Anda. Angkat pundak hingga ke telinga tahan sebentar sekitar 8 hingga 10 detik kemudian turunkan. Ulangi terus. Lakukan pada pundak kanan dan kiri Anda.

 

3)   Kencangkan otot paha Anda. Letakkan bantal kecil diantara paha kaki lalu coba angkat bantal tersebut dengan kedua kaki Anda kemudian kencangkan otot. Tarik otot perlahan lepaskan kemudian turunkan. Lakukan berkali. Selain bantal Anda bisa menggunakan objek lain yang tidak keras. Selipkan juga diantara tumit kemudian angkat.

 

4)   Mengangkat ujung kaki (jari-jari kaki) bisa membantu mengencangkan otot. Angkat ujung kaki Anda tahan sekitar 10 detik, relaks dan ulangi.

 

5)   Letakkan tas atau beberapa majalah sebagai pemberat di pangkuan Anda. Sekarang angkat tumit tahan selama 8 – 10 detik, lepaskan dan ulangi.

 

6)   Berpeganganlah pada handle pintu di atas jendela kaca mobil Anda kemudian angkat tubuh Anda. Ini bisa membantu mengencangkan otot lengan atas. Tahan selama 8 – 10 detik kemudian lepaskan. Bila memungkinkan pindah posisi duduk lakukan pada tangan satunya.

 

7)   Latih otot perut Anda dengan cara mendorong punggung ke depan kemudian tahan beberapa detik dan ulangi.

 

Jika Anda melakukan olahraga ringan ini di saat macet, pastikan sabuk pengaman terus Anda kenakan. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berolahraga!

 

 

----oo----

  

Mengenal Bawang Putih bagi Kesehatan

  

Bawang putih atau Allium sativum sudah menjadi bahan dapur wajib saat memasak karena aroma dan rasa yang dihasilkannya menambah kesedapan setiap resep masakan. Terlebih lagi dengan adanya berbagai penelitian yang menemukan khasiat bawang putih bagi kesehatan, menambah panjang deretan penggemar setianya.

 

          Bila menengok ke beberapa abad lampau, manfaat bawang putih bagi masakan dan kesehatan ini ternyata sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno, untuk dikonsumsi dan pengobatan. Sedangkan di dalam resep makanan Libanon, bawang putih sejak dulu digunakan resep untuk diet.

 

          Seiring dengan berjalannya waktu semakin banyak ditemukan khasiat bawang putih bagi kesehatan yang kemudian diuji melalui serangkaian penelitian baik  di dalam maupun di luar negeri.

 

          Manfaat bawang putih antara lain sebagai pembantu penurun kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah.

 

          Adapula penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih secara teratur antara 2-3 siung setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung. Pasalnya bawang putih ini bermanfaat membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung sehingga meminimalkan terjadinya serangan.

 

          Bawang putih juga dapat membantu menghindari kanker yang dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa resiko terkena kanker di usia tua berkurang sebanyak 50 persen bila mengonsumsi bawang putih secara rutin.

 

          Sementara itu di negara Asia seperti Jepang atau Cina bawang putih bisa dikonsumsi tanpa harus ditumbuk halus atau dirajang seperti kebanyakan bumbu di Indonesia. Di mana satu siung bawang putih tinggal dibakar di atas api atau langsung dikudap tanpa racikan lain, untuk menambah rasa masakan. Kalau sudah begini jangan tanya bau yang ditimbulkan sesudahnya. Namun selain sebagai penyedap masakan bawang putih juga dapat mengurangi dampak buruk dari lemak. Itu sebabnya bawang putih tetap menjadi pilihan utama setiap makan dan memasak.

 

          Konsumsi bawang putih ini tentu saja harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti mengurangi makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi, banyak olah raga, beristirahat serta mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

 

 ----oo----

BIT

Si Merah untuk Kanker,Anemia dan Darah Rendah 

Bit umbi kurang popular di masyarakat. Padahal bit kaya akan gizi, vitamin dan mineral yang baik sekali bagi kesehatan. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bit positif bagi penderita darah rendah. Keunggulan lain, pigmennya yang merah tua dapat melawan kanker. Kenali bit lebih lanjut, Anda pasti bergegas mengonsumsinya !

Bit merupakan tanaman semusim berbentuk rumput, dengan akar tunggang yang tumbuh menjadi umbi. Batang bit sangat pendek, hampir tidak terlihat, sementara daunnya berwarna merah terkumpul pada bagian leher (pangkal umbi). Umbi bit berbentuk bulat serupa gasing dengan ujungnya masih terdapat akar. Umbi bit rasanya enak, sedikit manis dan agak renyah (tidak gempi).

Bit termasuk famili Chenopodiaceae dengan dua varietas terkenal, yaitu bit merah (Beta vulgaris L var rubra) dan bit putih/bit potong (Beta vulgaris L var cicla L). Bit merah umumnya tumbuh di dataran tinggi di Indonesia, dan kini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa seperti Cipanas, Lembang, Pangalengan dan daerah Batu, Malang. Sedangkan bit putih/bit potong relatif jarang ditanam di Indonesia. Di Indonesia kedua jenis bit ini tidak berbunga dan berbiji sehingga benihnya masih didatangkan dari luar negeri. Jenis bit yang baik masih segar dan tidak berjamur, sehingga awet 4 minggu lamanya disimpan di lemari pendingin.

Bit Mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam setiap 100 gr bit terdapat 147,00 kal, 5,40 gr protein, 0,30 gr lemak, 32,60 gr karbohidrat, 51,00 mg kalsium, 92,00 mg fosfor, o,80 g serat, 3,40 mg besi, 22700,00 IU vitamin A, 0,07 mg vitamin B1, 0,16 mg vitamin B2, 80,00 mg vitamin C dan 1,50 mg niacin. Kandungan mineral bit sangat baik untuk menghalangi adanya asam dalam perut dan mengobati kantung empedu dan hati. Kandungan vitamin A-nya sangat tinggi baik untuk membersihkan sistem pencernaan dan limpa.

Bit biasanya sering dibuat jus. Di Eropa, misalnya, jus bit dipakai untuk terapi kanker. Eleonor Blanrock-Busch PhD, menemukan pigmen yang terdapat dalam bit mempunyai keunggulan melawan kanker. Di Hongaria pada 1950-an, umbi bit telah sukses lebih dulu mengobati beberapa jenis kanker. Selain itu bit mampu membersihkan darah, serta mengatur masalah hormon pada wanita menopause. Sementara zat besinya yang tinggi sangat baik dikonsumsi sebagai makanan atau minuman untuk mengatasi anemia.

Wanita hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi untuk menurunkan resiko saat melahirkan maupun serangan jantung. Bit salah satu makanan berasam folat tinggi. Setelah mengetahui manfaat bit bagi tubuh, Anda pasti bergegas menghidangkan bit untuk keluarga tercinta.

 

 

 

Buletin edisi 23, Juni 2008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI