ARTIKEL PILIHAN

 Mengatasi Keluhan Kesehatan di Bulan Puasa

Siapa pun pasti ingin bugar dan sehat selama menjalani ibadah puasa. Menurut dokter Farouk Haffejee dari Islamic Medical Association of South Africa, kedisiplinan menjaga makanan merupakan cara ampuh untuk menghadang masalah kesehatan selama berpuasa.

“Lakukan pola makan yang sehat dan seimbang. Hindari makanan yang dapat memicu penyakit Anda,” jelas Farouk.

          Farouk menganjurkan, untuk makanan, pilihlah yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, roti gandum, atau nasi merah, sehingga makanan bertahan lama dilambung dan membuat kita tidak mudah lapar. Untuk minuman, pilih jus segar dan air putih. Agar tetap fit, Anda perlu mengetahui masalah kesehatan seperti apa yang biasa dialami saat puasa.

  • Konstipasi atau kesulitan buang air besar

Keadaan ini disertai pendarahan, rasa sakit di anus saat buang air, rasa mual atau tidak enak pada pencernaan. Konstipasi biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan olahan (kalengan) yang sering dipanaskan, sehingga makanan tersebut tidak segar. Selain itu kurangnya konsumsi air putih dan diet yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab. Cara mengatasi : Hindari makanan olahan, tingkatkan asupan minuman, buah, dan sayuran.

  • Kembung dan masalah pencernaan

Gejalanya membuat Anda mudah berkeringat, lemah, cepat lelah, kurang bertenaga, pusing terutama ketika bangun dari duduk atau tiduran, dan sempoyongan. Biasanya terjadi menjelang siang atau lewat tengah hari. Penyebab utamanya yaitu kurangnya asupan cairan dan garam. Cara mengatasi : Tingkatkan asupan cairan dan garam. Untuk penderita darah tinggi tetap mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter.

  • Sakit Kepala

Biasanya disebabkan absennya kafein dan rokok secara tiba-tiba atau melakukan suatu pekerjaan terlalu banyak dalam sehari, kurang tidur, dan lapar. Adapun cara terbaik untuk mengobati yaitu dengan menekan asupan kafein dan rokok secara perlahan terutama beberapa hari sebelum puasa. Minuman herbal dan teh bebas kafein bisa membantu Anda membuat skedul yang berbeda dan tentu saja membuat Anda tidur dengan waktu cukup.

  •  Gula darah rendah

Keadaan ini bisa menyebabkan Anda merasa lelah, pusing, sulit berkonsentrasi, tidak menunjukkan keinginan untuk tidur yang akibat banyaknya acara Ramadhan. Penyebab untuk yang tidak menderita diabetes yaitu konsumsi gula yang terlalu tinggi. Cara mengatasi : Makan dengan benar saat sahur dan berbuka puasa.

  • Kram otot

Disebabkan ketidakcukupan asupan kalsium, magnesium, dan potassium. Cara mengatasi : Banyak makan makanan yang mengandung mineral seperti sayuran, buah, produk olahan susu, daging, dan kurma.

  • Asam lambung atau maag

Disebabkan meningkatnya kadar asam lambung, karena selama berpuasa lambung kita kosong. Pemicu lainnya yaitu makanan pedas, kopi, dan cola. Cara mengatasi : Minum obat teratur saat buka, sebelum tidur, dan saat sahur.

  • Nyeri otot

Ini sering terjadi, apalagi pada saat bulan suci kita melakukan ibadah sholat tarawih yang cukup panjang. Cara mengatasi : Menjaga makanan dan mengurangi berat badan.

 

v  Bintang Indonesia

 

Cara Tepat Memilih, Menyimpan dan Mengenakan 

MINYAK WANGI 

Pemilihan minyak wangi yang tepat, disertai dengan pemakaian dan penyimpanan yang tepat membuat minyak wangi bekerja maksimal. Berikut ini adalah hal yang harus dan tidak boleh dilakukan :

Simpan minyak wangi di tempat yang aman dari panas atau dingin ekstrim

Sesudah dibuka, minyak wangi harus digunakan. Kalau tidak, wanginya akan memudar atau karakternya berubah sejalan dengan waktu. Paparan lama terhadap sinar matahari keras atau temperatur ekstrim dapat mengganggu keseimbangan parfum yang halus dan dapat mengubah aromanya. Parfum harus disimpan ditempat yang dingin, kering, dan tidak terkena cahaya langsung. Lebih baik di simpan dalam laci meja rias atau kotak kecantikan. Sama seperti buku yang harus dibaca, rekaman yang harus diputar, minyak wangi harus dikenakan dan dinikmati.

Jangan mencoba lebih dari 3 minyak wangi secara sekaligus ketika beli minyak wangi baru

Indra penciuman akan kehilangan kemampuannya untuk membedakan wangi jika mencium lebih dari 3 minyak wangi. Anda tidak bisa mendapatkan reaksi wangi yang sebenarnya dari botol. Sebaiknya oleskan beberapa tetes di pergelangan tangan. Biarkan panas tubuh mengembangkan wewangian pada kulit Anda dan hirup. Jika Anda ingin mencoba satu atau 2 minyak wangi tambahan, oleskan minyak wangi kedua pada pergelangan tangan yang lain dan minyak wangi yang ke 3 pada bagian dalam tekukan siku. Jika Anda ingin menunda keputusan beli sambil belanja yang lain, pastikan untuk menuliskan minyak wangi apa dan dioleskan di mana sehingga sesudah itu Anda bisa mengenalinya.

Oleskan pada denyut nadi

Untuk mendapatkan efek maksimum, oleskan minyak wangi pada titik denyut nadi. Seperti pada bagian dalam pergelangan tangan, belakang telinga, belakang lutut, dan belahan dada. 

Jangan oleskan terlalu banyak

Wangi yang terlalu keras dapat membuat orang-orang di sekitar Anda sangat tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan sakit kepala.

Jangan semprotkan minyak wangi dekat mutiara atau perhiasan kostum

Alkohol yang terdapat di dalam minyak wangi dapat merusak perhiasan dan menghilangkan pelapisan.

Jangan campur parfum dengan deodorant atau sabun deodorant

Campuran ini menghasilkan aroma yang tidak menyenangkan.

Jangan menimbun minyak wangi

Buka setiap botol dengan penuh harapan dan kesenangan. Nikmati wangi isinya secara teratur atau Anda akan kecewa ketika menemukan minyak wangi Anda habis karena menguap atau aromanya berubah.

Jangan mengenakan minyak wangi langsung pada baju

Cara pemakaian seperti ini bisa menodai baju.

Jangan langsung membuat keputusan akhir saat beli minyak wangi baru

Tunggu paling sedikit 10 menit sesudah mengoleskan minyak wangi. Dalam kurun waktu tersebut, alkohol akan menguap dan perpaduan minyak wangi dengan zat kimia kulit Anda akan memberikan kesan yang sebenarnya.

Jangan pilih minyak wangi karena Anda suka saat dikenakan orang lain

Minyak wangi tak pernah menghasilkan wangi yang sama pada orang yang beda. Zat kimia tubuh masing-masing orang menghasilkan wangi special, unik, dan menyenangkan.

 

v  Tabloid Aura

 

Bahagia dalam 30 Menit 

Menjadi bahagia ternyata tidak sesulit yang kita duga, juga tak perlu menjadi ambisi jangka panjang. Bahkan tak perlu waktu berjam-jam. Untuk bahagia, hanya perlu waktu 30 menit. Berikut, untuk mencapainya :

1.  Tingkatkan Kadar Aktivitas

Berguna untuk memompakan energi contohnya jika Anda sedang bicara di telepon, berdiri dan jalan di tempat. Gunakan tangga ketimbang elevator. Kerahkan lebih banyak energi ke dalam suara. Jalan kaki cepat 10 menit. Lebih lama lebih baik.

2.  Jalan di Luar Ruangan

Riset menunjukkan, cahaya menstimulir zat kimia otak yang memperbaiki perasaan. Untuk mendapatkan peningkatan ekstra, manfaatkan sinar matahari pagi sebagai aktivitas pertama untuk hari itu.

3.  Hubungi Teman-teman

Kirim email ke teman lama Anda atau hubungi seseorang yang baru dikenal. Memiliki ikatan dekat dengan orang lain adalah salah satu kunci penting untuk bahagia. Ketika Anda bertindak ramah, bukan hanya orang lain yang akan bersikap lebih ramah kepada Anda, tapi juga menguatkan rasa keramahan Anda untuk orang lain.

4.  Selesaikan Tugas Menjengkelkan

Atasi masalah asuransi, beli sesuatu yang Anda perlukan, atau buat janji yang sudah lama tertunda dengan dokter gigi. Mencoret tugas yang menjengkelkan dari daftar to do  memberi Anda lonjakan besar.

5.  Ciptakan Lingkungan Yang Lebih Tenang

Keteraturan di luar mendatangkan kedamaian batin. Jadi, gunakan waktu untuk membersihkan meja dan tangani tumpukan di dapur. Tumpukan besar tugas-tugas kecil bisa membuat Anda putus asa atau kewalahan. Padahal hanya dalam 5 menit Anda bisa menyelesaikannya. Atur timer 10 menit dan lihat apa yang dapat Anda lakukan.

6.  Berbuat Baik

Perkenalkanlah dua orang melalui email. Gunakan 1 menit untuk meneruskan informasi yang berguna, atau berikan pujian yang membesarkan hati.

7.  Menyelamatkan Hidup Orang Lain

Daftarkan diri menjadi donor organ, dan ingat untuk memberitahu keputusan Anda kepada keluarga Anda. Berbuat baik menimbulkan rasa senang. Hal ini benar-benar berkhasiat.

8.  Bertindak Bahagia

Bayangkan diri Anda bahagia sampai Anda benar-benar merasa bahagia. Riset menunjukkan, senyum membangkitkan semangat. Jika Anda tersenyum, orang lain akan menganggap Anda lebih ramah dan lebih mudah didekati.

9.  Belajar Sesuatu Yang Baru

Pikirkan subyek yang ingin Anda ketahui dan luangkan waktu 15 menit untuk membacanya di internet. Atau ke toko buku dan beli buku tentang hal tersebut. Usahakan jujur. Pilih buku yang benar-benar menarik untuk Anda, bukan buku yang menurut Anda perlu atau harus dibaca.     

Sebagian orang cemas jika keinginannya untuk menjadi lebih bahagia merupakan tujuan yang mementingkan diri sendiri. Pada kenyataannya, riset menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih bahagia lebih ramah, lebih disukai, sehat, dan produktif. Mereka juga lebih cenderung mau membantu orang lain. Dengan berusaha meningkatkan kebahagiaan Anda, maka Anda dapat membuat orang lebih bahagia.

 

v  Rina – PIISEI Jaya

 

Strategi Mengendalikan Stres 

Berita tentang ekonomi yang terus memburuk membuat banyak orang di Amerika merasa stres dan cemas. Ketika muncul respon stres, neurochemical di dalam otak menjadi tidak seimbang. Menghadapi periode stres dapat mempengaruhi otak, menyebabkan ketidakseimbangan zat kimia yang selalu mengganggu ingatan, fokus, dan konsentrasi.

Keadaan ini juga dapat membuat kita mudah marah dan tidak bisa menenangkan diri. Demi kesehatan otak dan kedamaian pikiran secara keseluruhan, penting untuk belajar mengendalikan kecemasan dan stres. Jika Anda mengalami kecemasan yang serius, segera konsultasikan dengan dokter. Untuk stres yang tidak parah, coba langkah-langkah berikut untuk meredakan kecemasan dan rileks.

Pikiran Sehat = Badan Sehat

Rata-rata seseorang mempunyai 60.000 pemikiran dalam sehari, dan hampir 80% di antaranya negatif. Bayangkan akibatnya untuk tubuh Anda. Negativitas ini berefek pada pola pikir dan perilaku Anda secara tak sadar, dan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Ubah cara Anda mengatakan sesuatu kepada diri sendiri. Anda dapat mengubah respon terhadap keresahan dengan mengulangi afirmasi yang memperkenalkan pola perilaku positif dalam pemikiran Anda. Lebih baik beri pesan untuk menguatkan diri sendiri. Katakan kepada diri Anda, ‘saya kuat’, ‘saya bersyukur’, ‘saya bisa mengatasi hal ini.’ Ulangi afirmasi positif ini di sepanjang hari untuk mengubah stres dan mengubah perilaku.

Kurangi Stimulan

          Stres, keresahan, insomnia, dan pikiran yang terus lari adalah akibat terlalu banyak mengonsumsi kafein. Stimulator sistem saraf pusat yang bekerja menentang upaya Anda untuk merileksasikan badan dan menenangkan pikiran. Untuk memulai, cobalah mengurangi konsumsi kafein selang seminggu dan lihat bagaimana efek dari pengurangan stimulan ini terhadap tingkat stres Anda secara keseluruhan. Kurangi pula konsumsi soda dan minuman lain yang mengandung stimulan.

Pernafasan dalam Menenangkan Keresahan

          Jika Anda berada dalam keadaan yang membuat stres, Anda akan merasakan napas Anda sangat pendek pada bagian atas tenggorokan. Pernapasan pendek ini menandakan Anda sedang stres dan hal ini membuat tubuh Anda tidak rileks.

          Jika Anda belajar bernapas panjang dengan pernapasan dari diafragma setiap hari, Anda akan mengurangi keresahan secara keseluruhan dan mendapatkan khasiat yang sudah terbukti, antara lain menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Selain itu, diperkirakan 70% dari toksin dan sampah di dalam tubuh dieliminasi lewat saluran pernapasan.

          Jadikan pernapasan ini sebagai bagian dari jadwal latihan setiap hari selama 20 – 30 menit. Tubuh Anda akan menjadi rileks setiap saat. Caranya sebagai berikut:

          Pejamkan mata dan fokus pada napas Anda. Pilih satu kata atau ungkapan atau doa dan ulangi untuk tetap fokus. Sebagai contoh, ketika menarik napas  katakan. ‘saya menghirup kedamaian‘. Saat menghembuskan napas katakan, ‘saya menghembuskan ketegangan dan keresahan.’

          Selain itu, tai chi, yoga, qigong (chikung, reiki), dan meditasi juga dapat menjadi pilihan. Semua latihan ini menggunakan cara kerja pernapasan. 

Minum Teh Herbal

          Valerian kadang disebut penenang alamiah. Biasanya digunakan untuk mengatur sistem saraf dan meredakan ketegangan, kemarahan, kelelahan saraf, stres, dan keresahan selama berabad-abad. Sebagai penenang, valerian tidak bersifat mencandu ataupun dapat mengatasi kesulitan tidur tanpa menyebabkan efek samping seperti yang sering diberikan oleh resep dokter.

          Schisandra berry telah digunakan beribu-ribu tahun dalam pengobatan Cina untuk revitalisasi indra. Bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan fisik, konsentrasi mental, serta dapat menenangkan saraf dan meredakan keresahan. Minum jamu ini setiap hari dan sebelum tidur dalam bentuk teh atau kapsul. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Coba Nutrien GABA

          Otak yang sehat perlu keseimbangan antara zat kimia neural yang membangkitkan saraf dan yang menenangkan saraf. GABA – gamma amino butyric acid – adalah neuraltransmitter primer untuk menenangkan transmisi sinyal saraf. Gaba berkhasiat untuk membantu mencegah pesan yang membuat resah agar tidak sampai ke otak. Kadar GABA yang terlalu rendah dapat meningkatkan keresahan, insomnia, mudah marah, dan depresi. Makanan kaya GABA antara lain ikan, terutama mackerel dan wheat bran.

v  Rien – PIISEI Jaya

 

Sakit Kepala Berawal dari Gangguan Telinga

Sakit kepala atau pusing disebabkan banyak hal. Menurut penelitian, penyebab pusing berasal dari gangguan telinga atau disebut juga dengan meniere syndrom.

Hampir semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan pernah merasakan sakit kepala. Penyakit ini bisa diawali dengan rasa di kepala yang berputar-putar disertai nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Atau ada juga yang merasakan pusing mendadak. Misalnya sewaktu bangun dari duduk, seusai jongkok atau setelah membungkuk ketika mengambil sesuatu yang jatuh di lantai. Sakit kepala mendadak yang berlangsung hanya beberapa detik ini biasanya diawali dengan penglihatan yang menjadi gelap sebelum akhirnya terang kembali.

Seringnya rasa pusing di kepala ini muncul, membuat penyakit ini banyak diabaikan. Meniere syndrom menduduki peringkat pertama yaitu sebanyak (22 persen) sebagai penyebab utamanya. Sementara benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) sebanyak (16 persen). Selanjutnya adalah radang pada saraf vestibulum (7 persen), dan gangguan pendengaran mendadak (4 persen). Selebihnya disebabkan gangguan pada otak atau tidak diketahui penyebabnya secara pasti pada saat diperiksa.

Meniere syndrom terjadi karena memburuknya metabolisme cairan pada bagian dalam telinga sehingga bagian dalam telinga menjadi berair. Ciri dari meniere syndrom adalah kepala terasa berputar hebat sampai penderita tidak mampu berdiri, “kata spesialis THT Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Azwir Nasution, beberapa waktu lalu.

Keadaan kepala terasa berputar hebat itu bisa berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Pada kasus berat, dapat berlangsung sampai setengah hari. Meniere syndrom terjadi secara tidak menentu dan dapat mengakibatkan kerusakan pada waktu mendatang. “Bahkan, banyak kasus penderita akhirnya kehilangan pendengaran,” katanya. Menurut dokter berkacamata minus tersebut, meniere syndrom banyak dialami orang-orang dengan usia produktif terutama 30 hingga 60 tahun. “Penyakit ini juga identik dengan stres dan rentan diidap orang yang serius dan perfeksionis. Itu karena mereka menganggap segala sesuatu sebagai hal yang serius dan itu memberikan ketegangan penyebab stres,” tuturnya.

Gangguan pada pendengaran yang terjadi secara mendadak sering kali sulit dibedakan dengan meniere syndrom.

Meniere syndrom, menurut dia, juga agak sulit dibedakan dengan BPPV atau vertigo. Ini karena vertigo juga merupakan salah satu jenis pusing yang juga berasal dari gangguan pada telinga. “Beda meniere syndrome dengan vertigo adalah meniere syndrome tidak disertai dengan telinga mendenging. BPPV terjadi akibat adanya pengelupasan pada bagian dalam vestibulum, lalu masuk ke semicircular canal yang terletak dibagian dalam kuping. “sebutnya”.

Infeksi vestibulum sering terjadi setelah penderita sembuh dari masuk angin. Dalam kasus semacam ini, diperkirakan penyebabnya adalah infeksi yang disebabkan virus.

Pusing alias kepala berputar hebat ini dapat berlangsung selama beberapa hari.

Hal ini terjadi ketika fungsi semicircular canal, baik pada telinga kanan atau kiri menurun, yakni pada saat otak kecil menerima informasi mengenai adanya gangguan pada saat tubuh melakukan gerakkan tertentu.

Tidak hanya terbatas pada meniere syndrome. Sebagian besar orang takut bila pusing yang dialaminya akan menjadi buruk sehingga mereka tidak bisa menggerakkan tubuhnya sama sekali. Justru pemikiran inilah yang menyebabkan memburuknya situasi. Selain itu, pusing juga berhubungan dengan saraf otonom sehingga diperlukan gerakan-gerakan untuk melatih saraf otonom tersebut.

Ada banyak cara untuk menghindari sakit kepala, yaitu dengan rajin berolahraga, terutama berenang. Ketika berenang, selain seluruh tubuh bergerak, kulit akan mendapatkan rangsangan yang cukup dari suhu air dan tekanan air.

“Setelah dokter menerangkan kalau saya terkena meniere syndrom, saya akhirnya memutuskan untuk rajin berolahraga. Sekarang saya hanya satu bulan sekali memeriksakan diri untuk pemeriksaan rutin, “kata seorang pasien THT di RSCM.

v  Tatiek Wayan Pugeg – PIISEI Pusat

 

 

Buletin edisi 25, Juli 2009

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI