ARTIKEL KESEHATAN

 Tips Menghindari Anemia 

Setiap orang punya kemungkinan menderita penyakit anemia atau kurang darah. Kunci dari penyakit anemia adalah zat besi. Ini dia tips menghindari anemia.

Jutaan orang terutama wanita dan anak-anak berkemungkinan menderita penyakit anemia. Banyak hal yang bisa membuat orang terkena anemia. Kurangnya zat besi jadi penyebab utama. Namun kekurangan zat folik, vitamin B-12, B-6, terlalu banyak menggunakan obat-obatan, haid yang tidak normal dan kekurangan zat tubuh lain juga bisa jadi penyebab.

Yang paling penting untuk menghindari penyakit anemia adalah Anda harus menjaga pola makanan. Usahakan zat besi serta vitamin dalam tubuh seimbang. Ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah datangnya anemia.

1.     Usahakan makanan Anda lebih bervariasi. Sertakan juga makanan yang mengandung banyak zat besi. Dari buah-buahan seperti apel, pisang, plum dan apricot. Zat besi dalam sayur-sayuran bisa Anda dapat dari asparagus, labu, ubi rambat, brokoli, tumbuhan merambat, kacang merah, tahu dan biji-bijian.

2.  Makan makanan yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin C. ini akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Konsumsi vitamin C bersamaan dengan saat Anda memakan zat besi.

3.   Hindari gula atau kurangi konsumsi gula Anda. Ini akan meningkatkan penyerapan zat besi.  Hindari makan asem. Asem bisa menghambat tubuh menyerap zat besi.

4.    Konsumsi juga makanan yang bermuatan kalsium, vitamin E dan zinc sebagai tambahan. Namun jangan di waktu yang bersamaan dengan konsumsi zat besi. Zat-zat di atas bagus untuk tubuh namun bisa mengganggu penyerapan zat besi.

5.    Tambahkan juga buah-buahan kering seperti kismis dan buah prem yang dikeringkan ke menu diet Anda. Kurangi konsumsi kopi dan black tea. Minuman ini mengandung poliphenol dan tannin yang bisa mengganggu penyerapan besi.

6.    Haid yang berlebihan dapat menguras darah dalam tubuh Anda. Temui dokter jika hal tersebut terjadi. Jika dibiarkan terus menerus dampaknya akan sangat tak baik.

7.    Jika mengkonsumsi obat untuk penyakit Anda, usahakan atas referensi dokter. Beberapa obat bisa menghambat masuknya zat besi dan vitamin B ke dalam tubuh.

8.    Jika Anda seorang vegetarian sebaiknya diskusikan masalah kesehatan Anda dengan ahlinya. Vitamin B-12 banyak didapat dari makanan berdaging, vegan tentu saja tidak mengkonsumsi daging.

Serangan anemia bisa membuat keseimbangan tubuh Anda goyah. Sebaiknya hindari anemia sebisa mungkin.

v  Y. Dian – dh

 

 ----oo----

 

Tips Rambut Berjilbab Tetap Sehat 

Bagi anda yang sering menutupi rambut dengan jilbab, topi atau sejenisnya kesehatan rambut harus anda perhatikan. Udara yang minimalis dalam jilbab ternyata bisa merusak rambut anda. Untuk itu simak tips berikut ini :

1.     Pilihlah kerudung atau jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala.

2.    Anda suka model kerudung modern. Boleh saja anda mengkreasikan model kerudung anda      hingga berlapis-lapis. Semakin tebal kerudung anda, makin sulit rambut anda bernafas.

3.    Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Hal ini berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.

4. Jika hendak menggunakan jilbab, lebih baik anda mengurai rambut anda atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan panjang rambut anda melebihi 60 cm.

5.    Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.

6.    Jangan terlalu sering mengikat kerudung anda di bagian leher. Udara yang keluar masuk ke rambut anda akan semakin menipis jika anda mengikat kerudung di leher. Kerudung sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut muda bernafas.

 ----oo----

 

TIP UNTUK ANDA 

Lepas Permen Karet Nempel di Rambut 

Entah dari mana datangnya, tiba-tiba Anda sadar ada bekas permen karet menempel di rambut. Waduh bisa jadi bencana besar.

Jangan buru-buru ambil gunting. Ada kok yang bisa Anda lakukan untuk melepas permen karet itu tanpa harus merusak rambut Anda ini dia.

Letakkan es batu di kantong plastik. Tempel-tempelkan es batu itu ke permen karet yang melekat di rambut. Lakukan terus hingga permen karet membeku dan mengeras. Perlahan pecahkan permen karet dari rambut.

Jika metode pembekuan gagal, coba bubuhkan sedikit minyak tanpa toxic di rambut. Seperti minyak kanola atau zaitun. Bubuhkan di sekitar rambut yang terkena permen karet biarkan hingga menempel.

Pijatkan minyak ke rambut dan permen karet tersebut biarkan selama 20 menit. Perlahan singkirkan permen karet dari rambut Anda. Biasanya permen karet akan lepas dengan mudah. Jika tidak berhasil ulangi proses tersebut.

Beberapa rambut mungkin akan rusak tapi tak banyak dibanding Anda harus menggunakan gunting. Setelah pakai metode minyak, mungkin minyak masih akan menempel di rambut, cuci rambut dengan shampoo.

v  Y. Dian – dh

 ----oo----

 

Batik Senantiasa Indah 

Batik acap kali digunakan sebagai simbol warisan turun menurun dari leluhur kita. Untuk merawat keindahan salah satu budaya Indonesia itu, kita simak dulu tips berikut ini.

Perlu jiwa seni tinggi, ketelitian dan kesabaran untuk membuat satu lembar kain batik. Proses pembuatan batik pun sering kali menjadi objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Beragam jenis batik dapat ditemukan di Indonesia dengan ciri khasnya sendiri.

Nilai seni dan budaya yang terkandung dalam kain batik seharusnya bisa mendorong kita untuk melestarikan kekayaan Indonesia tersebut. Cara yang paling mudah adalah merawatnya. Kain batik tidak dapat sembarang disimpan begitu saja karena proses penyimpanan yang salah bisa merusak keindahan batik. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kain batik anda :

1.     Hindari mencuci batik setelah digunakan. Sebaiknya kain batik diangin-anginkan dahulu. Hindari juga menganginkan di bawah sinar matahari langsung. Tindakan itu akan membantu batik tidak mudah pudar.

2.    Perlakukan batik dengan istimewa. Jangan mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Cukup dikucek pelan-pelan. Lebih baiknya lagi anda menggunakan sabun khusus untuk batik yaitu lerek. Ternyata pencucian batik pun memerlukan detergen. Lebih baiknya anda gunakan sabun mandi saja. Namun jika kondisi batik tak terlalu kotor setelah dipakai, cucilah batik dengan air hangat saja tanpa menggunakan sabun.

3.    Setelah dicuci, jangan mengeringkan batik dengan cara dipelintir. Langsung rentangkan dan jemur batik, tapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Jemurlah batik di tempat yang sejuk.

4.    Jika tak diperlukan, jangan setrika batikmu. Apabila anda harus mensetrika batik karena kusut, letakkan kain pelapis di atasnya jadi panas setrika tak langsung mengenai permukaan batik. Hindari meletakkan setrika panas di atas kain batik anda.

5.    Suhu ruang penyimpanan kain batik pun harus diperhatikan. Jangan terlalu lembab karena mempercepat proses pelapukan kain. Jangan pernah meletakkan kapur barus di dalam lemari. Bahan kapur barus terlalu keras sehingga bisa merusak kain itu sendiri.

6.    Yang terakhir, jangan menyimpan kain batik di lemari dengan bentuk dilipat. Gulung kain batik atau lindungilah dengan lapisan plastik untuk menghindari ngengat.

 

 

 

Buletin edisi 22, Desember 2007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI