WISATA & KULINER

 

MELANCONG KE KOTA BANDUNG

 

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan.

Siapa yang tidak tahu kota Bandung? Sebuah kota yang sebenarnya cukup terpencil karena terletak di antara pegunungan akan tetapi memiliki daya tarik yang fantastis sehingga penjajah Belanda saja menamakannya “Parijs Van Java“. Keindahan kota Bandung, udaranya yang sejuk, Factory Outlet yang menjual pakaian-pakaian branded dengan harga miring, Distro di mana kita bisa menemukan kaos-kaos gaul ala anak-anak muda serta wisata kuliner yang beraneka ragam mulai dari makanan kaki lima, restoran high class hingga cafe-cafe di Lembang dan Dago atas yang begitu memanjakan pengunjungnya baik dengan makanannya yang menggugah selera maupun nuansa romantis yang mereka sajikan membuat orang-orang begitu terpesona dengan kota Kembang yang luar biasa ini.

TEMPAT WISATA MENARIK DI BANDUNG

Sendang Geulis Kaharupan


                                       Sendang Geulis Kaharupan tidak kalah dengan Embung Ponggok di Klaten. Mata air disini benar-benar bersih dan jernih. Ditambah lagi suasana pedesan yang melengkapi liburan anda.

Mata air ini terkenal juga dengan namaTalaga Cikahuripan Padalarang, ini berlokasi di Desa Ganjarsari, Kecamatan

Cikolong wetan, tiket masuk ke lokasi wisata ini hanya 10 ribu/ orang. Fasilitasnya termasuk sudah lengkap. Tersedia tempat bilas, area parkir, saung untuk istirahat, dan warung-warung makan.Namun akses jalan menuju wisata ini cukup sempit, sehingga kami sarankan untuk berkunjung ke tempat ini menggunkan motor saja. 

 Farm House Lembang

Wisata ini menyuguhkan suasana peternakan ala Eropa, area perkebunan dan desa kurcaci. Farm House berlokasi di Jalan raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat. Harga tiket masuk 20 ribu rupiah/orang, tiket bisa ditukarkan dengan susu murni.

Farm House ini buka mulai pukul 09.00 sampai 21.00,  akhir pekan 23.00. Farm house meyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Tersedia penjualan oleh-oleh, alun-alun mini, rumah kurcaci, penyewaan kostum, cafe, mushola, hingga sungai gembok cinta.

 

Tebing Karaton


Wisata ini sering di juluki sebagai Tebing Instagram. Nama tersebut dikarenakan banyak wisatawan yang memposting foto dengan background Tebing Karaton di Instragram.

Untuk harga tiket masuknya cukup murah. Hanya dengan Rp. 11.000/ orang, anda bisa menikmati udara segar dengan pemandangan yang sangat indah.

 

Tebing Karaton berlokasi di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Cimenyan, Bandung.

Tebing karaton ini berlokasi di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Maka dari itu dari atas sini anda bisa melihat pemadangan taman yang begitu istimewa.

Apalagi jika anda para pencari Sun Rise, sangat cocok sekali untuk mengunjungi wisata yang satu.

 

Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung merupakan wisata yang berkonsep berfoto di ruangan yang terbalik. Wisata di bandung ini merupakan wisata pertama di Indonesia yang mengusung tema tersebut.

Seperti hal nya rumah, wisata ini menyajikan aneka ruang seperti kamar, area anak-anak, dapur, ruang tamu hingga kamar mandi. Tak hanya itu, disini tersedia juga ruang musik, dan mural.

Perabotan disini tentu saja menggunakan benda yang asli bukan palsu. Penataan ruangan yang sangat cantik membuat para pengunjung akan tergoda untuk berfoto narsis.

Wisata Upside Down World Bandung berlokasi di Jl. H. Wasid No.31, Lebak Gede. Wisata ini dibuka mulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.

Harga tiket masuknya cukup mahal. 100 ribu untuk dewasa dan 50 ribu untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 120 cm.

The Lodge Maribaya Lembang

The Lodge Maribaya Lembang merupakan wisata alam bandung yang keren dan eksotis. Tempat wisata di bandung ini menawarkan keunikan wahana dan keindahan pemandangan alamnya.

Untuk mendapatkan background foto yang bagus, anda bisa mencoba wahana atau atraksi yang ditawarkan disini. Ada Sky tree, Sky Swing, dan Zip Bike.

Sky Tree adalah rumah pohon yang mirip dengan tempat wisata Cali Biru di Yogyakarta. Harga tiket Rp. 15.000. Jangan lupa untuk dicoba juga Sky swing. Wahana yang satu ini akan memberikan gambar seolah-olah sedang berayun di ketinggian, harga tiket Rp. 20.000.

Satu wahana lagi yang harus dicoba yakni Zip Bike. Zipe Bike merupakan wahana berupa menaiki sepeda diatas ketinggian tebing dengan tali pengaman. Harga tiketnya pun hanya Rp. 20.000. Wisata alam ini juga menyediakan fasilitas untuk camping dengan tenda permanen berbentuk mirip bawang dan labu. Disana anda bisa memesan juga api unggun bahkan kambing guling untuk menyempurnakan camping.

 The Lodge Maribaya Lembang berlokasi di Jl. Maribaya Timur km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang. Untuk harga tiket masuk per orang hari biasa Rp. 20.000, hari libur Rp. 25.000 / 30.000. Jam buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

 

Taman Begonia Lembang

Kebun bunga di Taman Begonia Lembang, tempat wisata di Lembang ini memang memiliki landscape yang dipenuhi dengan bunga berwarna-warni.

 

 

 

Trans Studio Bandung

Berada di dalam Trans Studio Mall di jalan Gatot Subroto 289, indoor theme park ini direkomendasikan banget buat anda kunjungi. Berbagai wahana permainan keren, dengan suasana yang unik pasti bakal bikin asyik liburan anda sekeluarga.

 

Meskipun indoor, wahana yang tersedia lengkap lho. Mulai dari Giant Swing, Vertigo, Sky Pirates, Captain Black Heart Pirate Ship, sampai dengan roller coaster juga ada!

Kawah Putih Ciwidey

Nama Kawah Putih Ciwidey sudah tidak asing di kalangan pecinta alam. Kawah yang terletak di daerah Ciwidey sekitar 50 Km di selatan Bandung ini merupakan kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih akibat kandungan belerang pada tanahnya tersebut.Airnya yang berwarna cerah dan terkadang berubah warna merupakan keunikan dari kawah itu sendiri.

 

 

 Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik merupakan salah satu situs wisata terkenal di Indonesia. Terletak di daerah Lembang, sekitar 20 kilometer di utara Kota Bandung.

 

Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, kawah paling besar dinamakan Kawah Ratu, berada di bagian atas situs wisata ini. Kawah kedua yang berada sekitar 1,2Km dibawahnya dinamakan Kawah Domas, di kawah ini Anda dapat merebus telur hingga matang di air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya.

Factory Outlet Rumah Mode

Sejak awal tahun 2000 an, banyak factory outlet bermuncul di Bandung dan Bandung pun terkenal sebagai kotanya factory outlet. Salah satu factory outlet yang paling terkenal di Bandung adalah Rumah Mode. Terletak di jalan Setiabudi.

 

Rumah mode menyediakan berbagai barang sisa ekspor bermerek dengan harga yang relatif murah seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris dan lain sebagainya. Di factory outlet ini juga terdapat tempat-tempat makan dan pijat refleksi.  

MAKANAN KHAS BANDUNG

Siomay

Makanan ringan khas bandung berupa siomay ini bahan dasarnya yang terbuat dari daging ikan kemudian terdapat campuran sagu dan akan terasa lebih lengkap disajikan dengan bumbu kacang. Siomay Kingsley di Jl. Veteran adalah favorit urang Bandung.

 

Mie Kocok

Bukan hal yang mengejutkan karena kabarnya ada bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah yang menjadikan rasa mie kocok Mang Dadeng begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner tradisional. Kaldunya juga cukup lezat dan isiannya mie kuning gepeng, potongan kikil dan sum sum, dan untuk menambah rasa ditaburi daun seledri dan bawang goreng. Lokasi: Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga

  

Bandung Makuta

Sekarang sedang marak jajanan kue kekinian, salah satunya adalah makanan khas bandung makuta, oleh-oleh baru yang ada di Bandung. Makuta sendiri memiliki tampilan seperti snow cake dengan lima varian rasa, ada cokelat, keju, lemon, karamel, dan juga blueberry.

 Seblak

Ada beberapa tempat asyik untuk merasakan seblak, namun salah satu yang layak direkomendasikan adalah Seblak Jebred yang memiliki tambahan ceker di isiannya, plus tahu krispi, sosis dan kikil.

Lokasi: Jl. Buah Batu No.163

Harga:Mulai dari Rp. 12.000 / porsi, toppingnya 3,000/ 4,000 IDR

Batagor Bandung

Batagor ini sebenarnya merupakan singkatan dari ‘baso tahu goreng’. Di Bandung banyak produsen tahu yang enak, oleh karena itu banyak batagor yang enak pula tahunya. Sambalnya biasanya berupa saus kacang dan kecap manis. Beberapa batagor yang terkenal di Bandung di antaranya: Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa).

 Surabi

Surabi menjadi salah satu camilan paling ngehits di Bandung. Beragam rasa, topping dan tampilan yang imut menjadi alasan mengapa jajanan tradisional ini banyak diburu.

Salah satu pioner surabi di Bandung adalah Surabi Cihapit, yang berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal adalah surabi oncom.

Lokasi: Jl. Cihapit

Harga: Mulai dari 2,000 IDR per buah

 Yogurt

Salah satu yang bisa melegakan rasa dahaga kamu adalah di yoghurt. Berdiri sejak 1976, Yoghurt Cisangkuy termasuk salah satu kuliner khas Bandung yang melegenda. Bukan hanya menawarkan tempat nongkrong yang cozy, tapi juga menyajikan minuman menyehatkan dan menyegarkan. Selain itu, ada juga olahan kuliner lain yang layak dicoba.

Lokasi: Jl. Cisangkuy No.66

Harga: Mulai dari 20,000 IDR/porsi

Tahu Susu Lembang

Berkunjung ke Lembang, pulangnya pun harus membawa Tahu Susu Lembang. Tidak hanya lezat, kuliner dari Lembang ini diklaim juga menyehatkan, kualitas tahunya juga berbeda dari kebanyakan, karena terkenal lembut.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang



OLEH-OLEH KHAS BANDUNG

 Amanda Brownis

Kue ini adalah produk khusus yaitu brownies kukus dengan cita rasa pertama yang asli. Tekstur kue brownies yang lembut dan ringan sangat manis ketika digigit.

 

 

Kartika Sari

Makanan khas Bandung Pisang Bollen dari mulai rasa original, coklat sampai kacang hijau. Anda bisa menemukan makanan ini di toko Kartika Sari yang juga menjual brownies panggang atau brownies kukus.

 

 

Ada makanan khas Bandung lainnya yang bisa cocok disajikan untuk keluarga di rumah yaitu Gepuk Ny.Ong.

Tempat makan ini menyajikan daging sapi yang dipotong dan dikukus.Kemudian dipukul sampai bentuknya pipih. Setelah dagingnya piph dan lembut, daging sapi akan dicampur dengan rempah-rempah.

Tahu Tauhid Lembang

Tahu tauhid adalah tahu khas Bandung yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang lezat.

 

 

 

Pasar Baru Trade Center

Jika Anda mencari pernak pernik khas Bandung yang lebih tradisional untuk dibawa pulang. Anda bisa belanja di Pasar Baru Trade Center.

Pasar bersejarah ini telah ada sejak 1906 dan memiliki banyak sekali toko untuk media berbelanja.

Dari mulai toko tekstil, makanan ringan, busana muslim, celana jins, tas dan batik.

Industri Sepatu Cibaduyut

Industri Sepatu Cibaduyut menyediakan souvenir khas Bandung berupa sepatu. Industri sepatu ini seperti kota kecil dengan banyak toko yang menjual sepatu dan barang kulit. Harga umum sepatu terjangkau.

 

Jika anda memiliki desain sepatu yang spesifik, tempat ini juga bisa di minta untuk mebuatkan desain sepatu yang diinginkan.

Jalan Cihampelas

Tempat ini adalah tempatnya fashion bagi pecinta brand denim. Jalan Cihampelas juga dikenal sebagai ‘Jeans Street’ karena banyaknya band denim yang dijual di toko-toko. Harganya pun tetap terjangkau dan ada beragam pilihan.

 

Jangan lewatkan pula pusat perbelanjaan dengan konsep hijau Cihampelas Walk atau yang dikenal dengan Ciwalk.

Desain bangunan Ciwalk menekankan pada konsep udara atau suasana alam terbuka.

 

 

Buletin edisi 43, Juli 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI