RUMAH TANGGA & KARIR


Kenali dan Bangun Kekuatan Femininmu !

Ada mitos di dunia kerja yang menganggap wanita harus berpikir dan bertindak seperti pria agar bisa sukses.
Benarkah demikian ?
            Sebenarnya wanita memiliki keistimewaan yang lebih ketimbang laki-laki dalam urusan pekerjaan. Menurut Catherine Kaputa, penulis The Female Barnd: Using The Female Mindset to Succeed in Business, wanita mampu berkembang dengan kekuatan mereka sendiri tanpa harus meniru cara-cara lelaki. Berikut tipsnya!
1. Menyelaraskan emosi
Wanita makhluk yang intuitif dan berempati. Ini disebabkan kadar hormone estrogen dan oxytocin yang tinggi pada wanita. Gunakan emosi ini untuk lebih bersikap terbuka dan bertanggung jawab terhadap perasaan yang lain, dan membangun hubungan kerja yang sehat dan kuat.

2. Menciptakan paket yang atraktif
Orang yang atraktif tidak hanya menghasilkan uang lebih banyak, tapi juga mereka dipandang sebagai orang yang cerdas, dan lebih kompeten ketimbang yang lainnya. Wanita pun memiliki kelebihan ini. Mereka memiliki naluri alam yang lebih baik tentang tampil menarik, serta memiliki lebih banyak alat bantu visual yang efektif ketimbang pria. Saran : Tonjolkan penampilan terbaikmu. Bangun image yang menarik dengan penampilan yang rapi, aksesori, sepatu, atau apapun yang pantas dengan gaya dan kepribadian.

3. Memperluas jejaring
Semakin luas jejaring, semakin banyak pula kesempatan karier buat kita. Berita bagus untuk kaum hawa karena mereka secara alami dilahirkan sebagai networker dan team builder (pembangun  tim). Saran untuk terus membina hubungan dengan relasi dan erteman dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Minta orang lain untuk membantu kita, memberi masukan serta ide. Terus memelihara jejaring baik itu kolega kerja, advisor dan mentor.

4. Berbicara
Wanita mengungguli pria dalam hal berbicara dan menulis karena mereka secara naluri menggunakan otak bagian kiri dan kanan untuk mengolah stimuli atau rangsangan verbal, visual dan emosional. Sedang pria cenderung hanya menggunakan otak bagian kiri: Saran : Ajukan pertanyaan yang hebat, dengarkan dengan hati dan asah kemampuan presentasi serta percakapan bisnis.

5. Iklusif
Kelebihan perempuan yang lain adalah mereka lebih memiliki inklusi ketimbang ekslusivitas. Dan kualitas ini sangat menguntungkan di dunia kerja jaman sekarang. Saran : Kumpulkan sebanyak mungkin perspektif dan menunjukkan niat baik (goodwill) pada semua orang, teman maupun lawan, serta memupuk aliansi yang kuat dan setia.

  • Majalah Kartika (Buletin edisi 33, Agustus 2013 )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI