ARTIKEL PILIHAN



SENJATA MURAH ANTI TUA


Penuaan bisa dilawan dengan nutrisi alami yang ada pada makanan dan minuman. Ampuh, aman, dan yang pasti, jauh lebih murah daripada facelift atau suntik botox di salon.

Ada banyak penyebab munculnya kerut di wajah. Selain faktor usia yang tak bisa dihindari, ada pula faktor lain yang sebetulnya bisa Anda atasi, sperti paparan sinar matahari, stress, polusi, dan kebiasaan merokok. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang punya khasiat antioksidan. Tak hanya menunda munculnya kerut di wajah tetapi juga membuat tubuh sehat dan terhindar dari risiko penyakit degeneratif. Intinya, hanya dengan memilih makanan yang tepat. Anda bisa muda lebih lama dan beraktivitas dengan optimal. Mau Coba?


YOGURT

Kandungan:

Probiotik (bakteri baik yang melindungi usus), kalsium, potasium, dan vitamin B.

Khasiat:

Membantu menyehatkan usus besar dan menurunkan risiko, kanker kolon, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menyembuhkan infeksi pencernaan.

Tip:

Hindari yogurt yang terlalu manis, karena biasanya kadar gulanya cukup tinggi. Kalau tak tahan asamnya, campur saja dengan buah-buahan manis, seperti mangga, pepaya atau leci.


JUS JERUK

Kandungan:

Hesperidin (sejenis flavonoid), vitamin C dan D, serta asam folat.

Khasiat:

Memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan imunitas, mencegah anemia, serta menurunkan risiko radang sendi (arthritis)

Tip:  

Konsumsi jus jeruk murni tanpa memberi tambahan pemanis.


KEDELAI

Kandungan:  

Isoflavon, lesitin, protein dalam bentuk asam amino esensial, vitamin A dan B, asam folat, kalium, dan zat besi.

Khasiat:

Mengurangi kerutan di kulit berkat kandungan isoflavon. Ia juga menurunkan risiko penyakit jantung, kanker prostat, kanker kolon, kanker payudara, dan osteoporosis. Kedelai juga dapat membantu meredakan gejala panas (hot flashes) akibat menopause. Kadar lesitin yang tinggi membantu mengatasi kelelahan mental dan efektif menurunkan kadar kolesterol darah melalui proses emulsi lemak.

Tip:

Selain mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh, konsumsi juga produk makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai, seperti tempe, tahu, kecap, dan susu kedelai.


STRAWBERRY

Kandungan:

Vitamin B,C, asam folat, dan provitamin A, asam amino, asam sitrat, pektin, kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan antioksidan phytochemicals.

Khasiat:

Antioksidan berfungsi mengikat radikal bebas sehingga mencegah timbulnya penyakit degeneratif seperti tumor dan kanker. Deretan vitaminnya dapat menghaluskan kulit terlihat lebih cerah, serta memperlambat datangnya keriput. Zat antibakteri  di dalamnya berfungsi sebagai pembersih system pencernaan, serta bersifat sebagai anti alergi dan anti radang.

Tip:

Konsumsi 8 buah strawberry setiap hari sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C orang dewasa. Nah karena strawberry adalah buah berpori-pori besar, maka ia rentan menyerap pertisida dan unsur-unsur kimia pada pupuk nonorganik. Untuk amannya, pilih strawberry organik yang bebas pestisida dan risidu kimia. Atau, lakukan pencucian buah dengan cara direndam beberapa saat sebelum dikonsumsi. Cara ini dapat mengurangi residu insektisida sebanyak 40-60%.


ALPUKAT

Kandungan:

Oleat, sejenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bersifat antioksidan kuat, pati yang kaya serat selulosa, potassium, riboflavin (vitamin B2), niasin (bitamin B3), asam folat(vitamin B9), dan vitamin C.

Khasiat:

Menurunkan kadal LDL(kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), sehingga menekan risiko stroke dan serangan jantung. Lemak sehat pada alpukat juga mampu mengendalikan tekanan darah dan membantu memperlancar tekanan darah. Kandungan seratnya sangat baik untuk mengendalikan diabetes. Potasium berguna untuk mencegah depresi.

TiP:

Alpukat sebaiknya dikonsumsi langsung tanpa tambahan lainya.

Penambahan susu kental manis pada jus alpukat, sperti yang lazimnya dilakukan banyak orang, justru membuat asam lemak tak jenuh dalam buah tersebut menjadi tidak bermanfaat maksimal.


BROKOLI

Kandungan:

Antioksidan, solforaphane, vitamin A dan C, potassium, zat besi, kalisum, dan serat.

Khasiat:

Antioksidannya dapat menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang merupakan penyebab dari penyakit-penyakit yang berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung. Sulforaphane mampu memberikan proteksi pada sel paru-paru dari ancaman kerusakan akibat toksin atau racun.

Tip:

Jangan memasak brokoli terlalu lama, karena akan membuat warnanya menjadi hijau kehitaman, serta mengurangi kadar vitamin C-nya. Cukup celupkan sebentar brokoli pada air panas, lalu tiriskan.


SALMON

Kandungan:  

Omega 3 dengan DHA dan EPA tinggi, protein, vitamin B dan D.

Khasiat:

Menghambat pertumbuhan tumor, menurunkan kadar LDL dan trigliserida, serta meningkatkan HDL.

Selain itu juga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan mencegah Alzheimer.

Tip:

Jangan terlalu lama memasak salmon, karena akan menghilangkan kandungan omega 3-nya. Segera angkat ketika ikan salmon mulai mengeluarkan kaldu atau minyaknya.


MINYAK ZAITUN

Kandungan:

Kaya akan antoksidan, seperti klorofil, karotenoid, dan vitamin E, serta asam oleat.

Khasiat:

Menurunkan tekanan darah, mencegah kolesterol LDL, menempel pada dinding arteri dan membentuk plak, mencegah serangan jantung, menghambat pembentukan sel kanker, serta mengontrol gula darah.

Tip:

Pilih minyak zaitun jenis extra virgin olive oil yang tidak mengandung bahan tambahan lain. Untuk memberikan manfaat yang maksimal, jangan gunakan minyak zaitun untuk menggoreng, tetapi hanya sebagai olesan makanan.


TEH

Kandungan:

Flavonoid, Fluoride, kafein, dan katekin

Khasiat:

Membantu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, mencegah kerusakan pada sel, menyegarkan tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Flavonoid mencegah penumpukan kolesterol LDL di pembuluh darah. Fluride mencegah timbunan plak pada gigi sekaligus menguatkan tulang. Teh hijau punya manfaat tambahan yaitu membantu menjaga paru-paru dari kerusakan akibat merokok. Sedangkan teh putih punya manfaat anti kanker paling tinggi di antara berbagai jenis teh.

Tip:

Teh bisa merusak kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan, sehingga bila Anda berisiko anemia, hindari minum teh di sekitar waktu makan.

  •  Men’s Health Fit Readers Digest

ooo
 

IBU SALEHAH


Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Siapa orang yang paling pantas untuk mendapatkan aliran kebaikan yang saya lakukan?” Rasulullah menjawab, “Ibumu!”

Sahabat itu kembali bertanya, “Lalu siapa setelah itu?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.”

Sahabat tu bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Lalu, setelah itu siapa wahai Rasul?” Rasul SAW menjawab, Ayahmu.”

            Ibu memiliki kontribusi besar dan signifikan dalam membentuk perkembangan agama dan psikolog anak. Ditangan Ibu, warna akhlak dan karakter anak berada. Seorang ibu yang baik akan mencetak anak yang baik. Ibu yang jujur akan mengalirkan nuansa kejujuran pada anak-anaknya. Ibu yang salehah akan memberi warna kesalehan pula pada anaknya.

            Dari hadis di atas telah jelas bahwa Rasulullah mengatakan, manusia paling pantas untuk diperlakukan dengan sebaik-baiknya itu adalah Ibu. Dan Nabi yang mulia itu mengulanginya hingga tiga kali. Suatu gambaran nyata bahwa ibu demikian berarti bagi seorang anak.

            Anak-anak yang hancur secara moral, biasanya disebabkan oleh buruknya moral sang Ibu. Anak-anak yang cacat mental, biasanya karena ibunya telah menularkan penyakit mentalnya itu kepada anak-anaknya.

            Tapi, di belakang kesuksesan seseorang, pasti ada peran besar ibunya. Hafizh Ibrahim, seorang penyair asal Mesir, pernah berkata, ibu ádalah madrasah kehidupan yang bukan hanya melahirkan anak secara biologis, melainkan juga melahirkan generasi. Satu bangsa yang berkualitas bisa dilihat dari kualitas perempuan yang ada di negeri itu. Ibu bagi status bangsa merupakan tiang penyangga berdirinya bangsa itu.

            Syekh Abdul Dador Jailani, seorang ulama sufi terkena, tatkala mau berangkat menuntut ilmu, ibunya berpesan agar dia berlaku jujur dalam kondisi apa pun. Ibunya memberikan bekal uang sebanyak 10 dinar.

            Dalam perjalanannya, ia dihadang oleh para perampok. Perampok itu bertanya apakah dia punya uang atau tidak. Syekh Abdul Qadir dengan jujur menjawab bahwa dia punya uang sebanyak 10 dinar sebagai bekal perjalanan yang diberikan ibunya.

            Awalnya perampok itu tidak percaya. Namun, setelah ditunjukkan tempat uang itu berada maka sang perempok terkejut dan kagum dengan kejujurannya. Dan, berkat sikap inilah kemudian para perampok itu kembali ke jalan benar dan menjadi murid setia sang wali.

            Cerita serupa terjadi di Jakarta. Seorang office boy Bank Syariah Mandiri (BSM) menemukan uang senilai Rp. 100 juta di tong sampah. Karena dia tak pernah mempunyai uang sebesar itu ia laporkan kepada petugas keamanan bank tersebut.

Dan setelah dicek, ternyata uang tersebut merupakan uang nasabah dari bank tersebut. Atas upayanya itu, dia diberikan rezeki oleh pimpinan banknya. Dan kejujuran yang dilakukan seorang OB itu, tak lepas dari peran ibunya.

            Seorang Ibu yang saleh adalah nikmat dunia. Dia akan menjadi penopang keluarga agar kokoh. Dia menjadi tulang punggung moral anak-anaknya agar tidak bengkok dan melenceng. Maka, pemberdayaan perempuan merupakan suatu keniscayaan, agar moralitas anak terjaga, agar suami bahagia, dan bangsa berdaya.

  • Ustad Samson Rahman
 Buletin edisi 32, Januari 2013


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI