INFO



CARA LAIN MEMANFAATKAN TEH

Jangan buang kantong teh bekas Anda. Meskipun telah diseduh, ampasnya masih berguna. Begitu juga teh yang tak habis diminum.
Pembersih kaca
Asam tannic pada teh hijau atau teh hitam merupakan bahan pembersih alami yang sama bagusnya dengan pembersih buatan pabrik. Untuk mendapatkan manfaatnya, isi botol penyemprot dengan air teh. Gunakan untuk mengelap kaca, cermin atau permukaan meja.
Mata sembab
Kompres mata selama 15 menit dengan kantong teh yang sudah dibasahi. Pori-pori akan terbuka setelahnya. Tannin dalam teh akan menjadi penyegar dan pengencang kulit. Efek astringent juga akan meredakan rasa gatal pada kulit yang baru tergigit serangga.
Bercocok taman
Letakkan daun teh di dasar pot ketika akan menanam pohon. Serpihan daun teh akan menahan nutrisi agar terserap ke akar tanaman saat air siraman merembes. Untuk menyuburkan, air teh juga bisa disiramkan sesekali.
Bau kulkas
Kulkas Anda berbau tak sedap? Ambil saja kantong teh bekas seduh dan tempatkan di mangkuk kecil lalu masukkan ke dalam kulkas. Teh memiliki efek penghilang bau yang sama seperti baking soda. Lalu, kalau bau ikan, bawang merah, atau bawang putih susah hilang dari tangan Anda, sobek saja kantong teh dan balurkan tehnya ke tangan. Niscaya baunya akan lenyap. Daun teh juga dapat dipakai untuk menyegarkan serta mengusir bau kaki.


  • Majalah Kartini


TIP MEMBUAT CAKE YANG BAIK

Jika kita melihat dan mengamati seorang baker saat membuat membuat cake tampaknya mudah sekali. Hanya dengan mencampurkan bahan, mengaduk adonan lalu memanggang atau mengukus, namun saat kita mencoba membuat sendiri dengan peralatan dan bahan-bahan yang sama tetapi hasilnya cake tersebut tidak sesuai harapan, ternyata banyak kesalahan yang sering kali dilakukan tanpa disadari saat membuatnya. Bagaimana cara mengatasinya ? yaitu dengan beberapa persiapan antara lain :
1.   Mengatur suhu oven sekitar 20 menit sebelum adonan dipanggang dan sebaiknya gunakan thermometer oven untuk uji suhu
2.  Semua peralatan harus bersih dan bebas dari lemak
3.  Menggunakan timbangan jauh lebih baik daripada pakai cangkir
4.  Mengolesi loyang dengan mentega lalu taburi sedikit terigu atau lapisi bagian dalam loyang dengan kertas roti yang diolesi mentega. Tetapi khusus chiffon cake ada loyang khusus dan tidak diolesi mentega
5.  Siapkan mixer serta alat untuk mengaduk adonan
6.  Gunakan karet atau spatula plastik untuk mengikis adonan kedalam loyang
7.  Mengecek ukuran loyang yang akan digunakan dengan besarnya oven dan pastikan rak oven posisinya rata agar adonan merata
8.  Cincang/potong-potong bahan tambahan seperti kacang, kenari, buah kering

Jika persiapan-persiapan tersebut dilakukan dengan cermat dan dilakukan setiap kali membuat cake akan dipastikan terhindar dari kesalahan seperti misalnya :
·           Cake tidak mengembang, sebab suhu terlalu panas/dingin atau pemakaian bahan tidak sesuai ukuran
·           Cake matangnya tidak merata, sebab terigu yang jumlahnya kurang atau terlalu banyak
·           Cake permukaannya gosong, perlunya thermometer oven
·           Cake mengembang hanya tengahnya, sebab panas tidak merata

Selamat mencoba !

  • Ibu Kiki Sarwoko (Pengurus Pusat PIISEI) 


(Buletin edisi 36, Januari  2015)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI