INFO KESEHATAN



INI SOLUSI JIKA ADA BENDA TERPERANGKAP DI DALAM TELINGA

Solusi jika ada benda terperangkap di dalam telinga. 

Anak-anak sering kali memasukkan benda ke dalam telinganya, seperti biji-bijian, manik-manik plastik atau mainan kecil. Kadang-kadang seeokor serangga atau benda di udara secara tidak sengaja juga bisa masuk ke dalam telinga. Ini solusi jika ada benda terperangkap di dalam telinga.

  1. Jangan mencoba mengeluarkan benda dengan mengoreknya dengan cotton bud, korek api atau benda lainnya. Ini berisiko mendorong benda masuk lebih dalam dan bisa merusak struktur telinga bagian tengah yang rapuh. 
  2. Jika benda tampak dengan jelas, lentur dan mudah dicapai dengan alat penjepit, keluarkan dengan perlahan-lahan. 
  3. Jika benda yang masuk bukan serangga, cobalah memanfaatkan daya tarik bumi: miringkan kepala di bagian telinga yang terkena ke arah lantai. Cobalah menggoyang-goyangkan kepala orang itu perlahan ke arah bawah untuk mengeluarkan benda tersebut. 
  4. Jika benda itu berupa serangga, miringkan kepala sedemikian rupa hingga telinga yang kemasukan serangga menghadap ke atas. Anda dapat mencoba mengeluarkan serangga dengan menuangkan sedikit minyak mineral, minyak zaitun atau baby oil yang hangat ke dalam telinga. Sambil menuangkan minyak, Anda dapat meluruskan saluran telinga: Tarik telinga perlahan-lahan ke belakang dan ke atas. Serangga akan mati lemas dan akan mengapung keluar dalam minyak. 
  5. Jangan menggunakan minyak untuk mengeluarkan benda lain selain serangga. Jangan menerapkan metode ini jika ada indikasi gendang telinga berlubang, yaitu seperti ada rasa nyeri, perdarahan, atau keluarnya cairan dari telinga. 
  6. Jika metode ini gagal dan orang yang bersangkutan masih merasa telinganya sakit, pendengaran berkurang, atau merasa masih ada sesuatu tersangkut di dalam telinga, segera pergi ke dokter.

Nah, itu tadi beberapa solusi jika ada benda terperangkap di dalam telinga. Semoga bermanfaat.

  • Intisari-Online.com


SAJIKAN BUAH UNTUK SARAPAN

Bagi banyak orang, sarapan dengan hanya makan buah mungkin menjadi sesuatu yang aneh. Bahkan, jika tidak terbiasa, perut akan menjadi sakit. Namun, bagi orang yang sudah terbiasa dan tidak memiliki masalah dengan hanya makan buah, memasukkan buah sebagai menu sarapan ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa buah yang dapat dinikmati sebagai menu sarapan Anda.

Pisang
Buah berwarna kuning ini merupakan pilihan tepat untuk memulai aktivitas. Kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi memberikan manfaat untuk tubuh Anda. Manfaatnya  antara lain menenangkan perut. Pisang memiliki sifat antacid yang bisa mengatasi sakit perut. Selain itu, pisang mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menormalkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Pisang juga dapat mengatasi lelah karena kaya akan kalium, mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Asupan kalium sangat penting untuk membantu mengatasi kram otot dan kelelahan. Pisang menjadi sumber vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan fungsi otak dan saraf sehingga sangat tepat dijadikan menu sarapan Anda.

Avokad
Tak sedikit orang yang menghidari buah avokad dengan alasan khawatir dengan kandungan lemaknya. Padahal, lemak yang dimiliki buah ini merupakan lemak tak jenuh yang justru menyehatkan. Buah ini seharusnya menjadi daftar buah yang wajib dikonsumsi karena pada gizi. Avokad menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda. Seperti minyak zaitun avokad dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, kolesterol tipe ini juga dapat membantu kadar trigliserida serta mencegah diabetes. Sebuah studi yang dilakukan Canadian Medical Association Kournal menemukan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, dapat mengrangi kadar LDL (kolesterol buruk).

Pir
Satu buah pir mengandung 20 persen asupan serat yang disarankan untuk dikonsumsi dalam sehari. Buah pir bebas lemak, bebas kolesterol, bebas sodium, dan kaya akan vitamin C, K, dan kromium. Manfaat yang bisa didapatkan dari buah pir antara lain melancarkan pencernaan karena mengandung pektin. Serat dalam buah pir bisa membantu menghentikan diare dan tanin dapat melancarkan saluran pencernaan.
Selain itu, mengkonsumsi buah ini dapat membuat Anda terhindar dehidrasi. Pir adalah jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pir mengandung banyak vitamin seperti A, K, B2, kalsium B3, B6, mineral, magnesium, dan kalium.

  • Kompas


OLAHRAGA SETELAH LIBURAN


Kalau Anda sudah lama tak berolahraga karena liburan panjang, coba mulai lagi dengan menjalani titip-tip berikut ini.
1.   Lakukan latihan interval.
Berlarilah dengan intensitas tinggi selama satu menit setiap kali setelah jogging 10 menit. Menurut sebuah studi di Amerika, latihan seperti itu akan membakar lemak 36% lebih banyak dibandingkan latihan biasa.
2.  Makan camilan kaya serat 2-3 jam sebelum latihan agar tak kelaparan setelah berolahraga.
Seiring perkembangan otot, tubuh menyerap lebih banyak insulin, sehingga Anda bisa mengalami penurunan kadar gula setelah latihan. Konsumsilah makanan yang lambat dicerna, seperti bubur gandum (oatmeal) dan apel.
3.  Berlatih yoga.
Olahraga itu memang membakar lebih sedikit kalori daripada latihan kardio, tetapi dapat meningkatkan kekuatan dan mengurangi lipatan lemak. Sebuah studi yang mengamati 15.500 orang mengungkapkan, mereka yang berlatih yoga turun berat badan 2,5 kg dalam 10 tahun, sedangkan yang tidak melakukan yoga bertambah 6.7 kg.

  • Majalah Kartini


Enam Resolusi Sehat Tahun 2015

Selamat datang tahun 2015! Apakah Anda sudah menyusun resolusi Anda untuk tahun ini? Bagi banyak orang, awal tahun adalah waktunya untuk memikirkan kembali tentang rencana yang akan kita lakukan dan target-target yang harus dicapai, termasuk di bidang kesehatan. Mungkin ada yang ingin menurunkan berat badan, berjanji berjalan kaki setiap pagi, mengurangi konsumsi gula dan lain-lain.
Komitmen yang kuat dan memasang target yang mudah dicapai adalah kuncinya.
Enam resolusi kesehatan ini dapat membantu Anda menjadi lebih sehat tahun ini:
1) Memakai Tabir Surya Setiap Hari
Melupakan tabir surya (sunscreen/sunblock) adalah "dosa" terbesar bagi kulit kita. Banyak orang yang berpikir bahwa hanya menggunakan pakaian atau berada di dalam ruangan, kita bisa terhindar dari bahaya ultraviolet (UV). Hal ini salah, karena sinar UV bisa menembus ruangan.
Dampak dari paparan sinar UV antara lain kulit jadi mudah keriput dini, terjadi bercak-bercak kelainan pigmentasi, hiperpigmentasi, dan lingkar hitam yang muncul di bagian-bagian tertentu. Selain itu, paparan matahari membuat kulit menjadi tidak menarik dan tampak tua.

2) Mengontrol Porsi Makan
Jika ingin mengontrol berat badan, Anda perlu untuk mengontrol ukuran porsi makan Anda. Jika hal itu tidak dilakukan, akan menyebabkan kelebihan kalori dan lemak. Ada kecenderungan untuk melahap porsi besar, tinggi lemak dan tinggi kalori makanan, terutama ketika sedang makan di restoran. Untuk menghindarinya, Anda bisa berbagi makanan dengan teman/keluarga. Juga, bisa dengan memesan hidangan pembuka (appetizer), sebelum makanan utama (main dishes), sehingga porsi makan besar dapat berkurang karena Anda sudah kenyang lebih dulu. Jangan paksakan untuk menghabiskan makanan karena perut Anda sudah tidak kuat lagi, karena Anda dapat membawanya ke rumah.

3) Istirahat yang Cukup
Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Tidur yang cukup dan teratur dapat membantu Anda menghindari stres dan penyakit jantung. Penelitian telah membuktikan bahwa semakin banyak orang kurang tidur, semakin buruk adalah kemampuan kognitif mereka. Ini juga memberikan implikasi serius pada kesehatan fisik. Kurang tidur akan dikaitkan dengan risiko yang lebih besar dari obesitas dan diabetes tipe 2.


Tidur 6-8 jam sehari selain membuat badan Anda sehat, juga mempercantik penampilan Anda. Karena ketika kita tidur, seluruh kulit tubuh Anda memperbaiki diri dengan mengganti sel-sel kulit yang lebih tua dengan yang baru. 

4) Aktif Bergerak
Secara alami, manusia memiliki kecenderungan untuk selalu bergerak. Cobalah untuk menjadi aktif atau bergerak selama setidaknya 60 menit setiap hari. Hindari duduk untuk jangka waktu yang lama. Cobalah untuk berjalan kaki di sekitar tempat tinggal setiap pagi kira-kira 30 menit selama 4 hari seminggu. Untuk memulainya bisa dimulai dengan 5 menit per hari dan meningkat hingga mencapai 30 menit per hari. 

5) Mengurangi Konsumsi Garam
Membatasi asupan natrium mendekati batas yang direkomendasikan, yakni 2.400 miligram (mg) per hari, atau sama dengan jumlah sodium yang diperoleh dari satu sendok makan garam meja. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi/hipertensi, disarankan untuk membatasi konsumsi tidak lebih dari 1.500 mg/hari. Hindari makanan olahan karena mengandung jumlah tinggi natrium. Konsumsi natrium yang rendah dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.
 


6) Mengkonsumsi Antioksidan
Radikal bebas sebenarnya terbentuk secara alami sebagai bagian dari proses metabolisme tubuh kita. Namun radikal bebas juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, termasuk kebiasaan merokok, penggunaan pestisida pada makanan, polusi dan radiasi. Radikal bebas dapat merusak tubuh dan menyebabkan infeksi, peradangan dan bahkan kanker. Antioksidan menetralisir efek radikal bebas dan melindungi tubuh Anda. Sertakan buah-buahan dan sayuran untuk diet Anda untuk menuai keuntungan dari antioksidan. Contoh terkenal antioksidan adalah vitamin C, E dan beta-karoten. Tidak hanya vitamin, masih banyak jenis antioksidan lainnya seperti lycopene yang terdapat dalam tomat atau semangka dan juga lutein, yang terdapat pada buah kiwi, anggur, bayam, jeruk dan timun. (SY-Jaya)

  • (sumber: www.kompas.com, www.sindonews.com)


Otak Kita Perlu Olah Raga Juga, Lho


Sejalan dengan bertambahnya usia, bukan hanya kesehatan tubuh saja yang perlu kita perhatikan. Seperti dikutip oleh care2.com, Dr. Bruce Daggy, Ph.D, --profesor di departemen nutrisi, pangan dan ilmu olah raga Florida State University--, menjelaskan beberapa hal yang dapat menjaga otak kita dari kemunduran fungsi kognitif dan secara umum menjaga kesehatan tubuh kita.
a) Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3 dan Vitamin B
Sesungguhnya tidak ada diet khusus untuk otak, apa yang baik untuk tubuh, baik pula untuk otak. Untuk menjaga kesehatan otak, bisa diawali dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan tidak terlalu mengandung banyak lemak jenuh.
Jika dirasa kurang, dapat dibantu dengan suplemen yang mengandung Omega-3 Fatty Acids (baik yang memberikan efek jangka pendek/instan maupun panjang), biasanya terdapat dalam minyak ikan. Selain itu, mengkonsumsi ekstrak Guarana (yang asli, bukan yang terdapat dalam minuman berenergi), vitamin B dan zat polyphenol yang terkandung dalam kakao, juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

b) Berolahraga
Saran ini terdengar klise, namun kesehatan jantung dan darah erat kaitannya dengan kesehatan otak. Terlalu banyak kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat atau LDL, dapat berakibat buruk bagi otak. Meskipun berat otak hanya 2% dari keseluruhan berat badan kita, tetapi untuk bekerjanya menggunakan 20-25% dari aliran darah kita.
Menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satu kunci dari menjaga kesehatan otak. Obesitas sering diasosiasikan dengan meningkatnya resiko demensia. Gejala umum demensia adalah pikun, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu mereka lambat laun kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional, sering hal tersebut menjadi tidak terkendali.
Banyak penyakit/sindrom menyebabkan demensia, seperti stroke, Alzheimer, penyakit Creutzfeldt-Jakob, Huntington, Parkinson, AIDS, dan lain-lain. 

c) Mengisi TTS dan Bermain
Selain berolahraga secara fisik, otak juga perlu "berolahraga" dengan cara mempelajari hal-hal baru, bermain game, menulis, mengisi teka-teki. Sekarang sudah banyak buku-buku, situs web hingga aplikasi pada ponsel atau tablet Android dan iOS yang dapat diunduh, untuk melatih ketajaman otak kita (baik dari segi memori, penilaian, keakuratan, kecepatan dan observasi).

  • (Ibu Susi-PIISEI Jaya) (sumber: www.care2.com)


JAM KERJA ORGAN TUBUH MANUSIA

Seperti layaknya manusia yang membagi waktu untuk semua kegiatannya, tubuh pun memiliki waktunya sendiri untuk bekerja memperbaharui sel. Pembagian kerja tubuh, dikutip dari Prof. dr. Soeharsoyo SpAk, adalah sebagai berikut:
  1. LAMBUNG, jam 07:00 - 09:00, daya kerja lambung terkuat adalah pada jam ini, dianjurkan untuk sarapan yang bergizi tinggi.  
  2. JANTUNG, jam 11:00 - 13:00, hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yang memiliki keluhan di pembuluh darah.                      
  3. HATI/LIVER, jam 13:00 - 15:00, kondisi liver sedang lemah, beristirahat sejenak akan membantu proses regenerasi sel-sel hati.
  4. PARU-PARU, jam 15:00 - 17:00, paru paru sedang lemah, istirahat dan bernafas dengan teratur untuk mengembalikan energi paru-paru.          
  5. GINJAL, jam 17:00 -19:00, ginjal dalam kondisi kuat, terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini jam terbaik utk belajar.
  6. LAMBUNG, jam 19:00 - 21:00, lambung sedang lemah. Usahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yg sulit dicerna, atau lebih baik berhenti makan.
  7. LIMPA, jam 21:00 23:00, limpa dalam kondisi lemah, terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat pada jam ini, artinya ada gangguan pada limpa.
  8. JANTUNG, jam 23:00 - 01:00, jantung sedang dalam kondisi lemah. Waktunya beristirahat untuk pemulihan energi tubuh.           
  9. HATI/LIVER, jam 01:00 - 03:00, liver dalam kondisi kuat, terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya sel tubuh beregenerasi.
  10. PARU-PARU, jam 03:00 - 05:00, kondisi paru-paru sedang kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru-paru. Bila paru-paru kotor maka kita akan batuk, bersin atau berkeringat. Ini adalah jam terbaik untuk kegiatan olah nafas, yoga atau meditasi.   
  11. USUS BESAR,jam 05:00 - 07:00, usus besar dalam kondisi kuat, biasakan buang air besar di jam ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan.   
  • (Ibu Susi-PIISEI Jaya)
 (Buletin PIISEI  edisi 36, Januari 2015)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI