INFO KESEHATAN



PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung adalah penyakit nomor satu penyebab kematian bagi wanita-wanita di Australia. Robyn Whitfield dari Yayasan Jantung Australia mengatakan bahwa seorang anak yang dilahirkan oleh ibu yang meninggal karena serangan jantung sebelum usia 70 tahun, mempunyai risiko lebih besar mengidap penyakit jantung dibanding yang lainnya. Meskipun stres seperti merokok ataupun konsumsi garam dan lemak yang tinggi, punya andil menimbulkan penyakit tersebut.

Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah bentuk tubuh kita. Figur seperti buah pir lebih aman dibanding figur seperti buah apel. Kelebihan ukuran di daerah pinggang ternyata mempertinggi risiko terkena penyakit jantung. Selanjutnya perut yang membuncit membuat tekanan rongga perut lebih besar, artinya pemompaan darah dari daerah bawah kembali ke jantung lebih sulit. Jadi, jantung harus bekerja lebih berat.

Bagaimana mengatasinya ?
a.    Makan sayur dan buah-buahan segar. Kedua jenis makanan ini mengandung antioksidan yang mencegah penyempitan pembuluh arteri.
b.    Hindari lemak, terutama lemak jenuh yang terdapat dalam krim keju dan mentega. Meski demikian, makanan yang rendah lemak dan lemak tak jenuh yang berasal dari ikan akan menolong menurunkan kolesterol.
c.    Berhenti merokok dan rajin berolahraga.
d.    Bila ibu Anda memiliki penyakit jantung sebelum usia 50 tahun dan meninggal karena serangan jantung sebelum 70 tahun, konsultasilah dengan dokter untuk memeriksa kandungan kolesterol Anda.

ooo

KANKER PAYUDARA

Sudah lama diketahui bahwa satu diantara 12 wanita Australia terkena kanker payudara dalam hidupnya. Tapi, hanya sedikit saja yang sifatnya diturunkan. Bagaimanapun, bila mempunyai ibu atau saudara dekat yang terkena kanker payudara, terutama mereka yang terkena pada usia muda, maka peluang terkena penyakit ini juga lebih besar dibanding yang lainnya. Kanker payudara ada hubungannya dengan keberadaan estrogen selama hidup dan kapasitas produksi yang sifatnya diturunkan oleh ibu. Faktor risiko lain adalah mendapat masa haid dalam usia muda dari biasanya, kegemukan, dan tidak mempunyai anak.

Bagaimana mengatasinya ?
a.    Periksa payudara Anda setiap bulan. Periksa kondisinya, terutama keberadaan gumpalan, benjolan, dan rasa sakit yang tidak biasa. Pastikan hasilnya pada dokter yang memeriksa.
b.    Bila ada salah seorang anggota keluarga menderita kanker payudara, sebaiknya Anda lebih intensif memeriksakan diri.
c.    Makanlah sayuran dan buah-buahan segar, terutama brokoli, kubis, dan rebung. Antioksidan yang dikandungnya akan melawan perusakan sel dan melindungi dari terjadinya kanker.
d.    Alkohol juga berpengaruh pada terjadinya kanker payudara. Jadi, sebaiknya wanita muda yang mempunyai risiko tersebut menghidari alkohol.
  
ooo
  
DIABETES

Ada dua tipe diabetes. Tipe yang tergantung pada insulin, yang kecenderungannya muncul setelah usia 40 tahun dan tipe yang tidak tergantung pada insulin yang sifatya diturunkan.
Meskipun demikian, yang terakhir ini juga bisa muncul akibat dari kombinasi gen dan lingkungan.


Bagaimana mengatasinya ?
a.    Kegemukan dapat sering menjadi pemicu munculnya diabetes yang tidak tergantung insulin, karena tubuh memproduksi ektra insulin. Oleh karena itu, olahraga sangat membantu mencegah penyakit yang satu ini.
b.    Berhati-hatilah dengan gejala-gejala seperti kehilangan berat badan, sering haus, lapar, dan lelah.
     
     
      Buletin PIISEI edisi 38, Januari 2016

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI