INFO



AYO PAKAI KEBAYA : KENALI ETIKET BERKEBAYA


Kebaya tak membatasi gerak Anda, pahami etiketnya dan melengganglah dengan kebaya Anda

Hadirkan aura keanggunan kebaya dengan memahami etikanya ketika Anda datang ke sebuah acara. Kebaya tak hanya pakaian yang membalut tubuh Anda selama beberapa jam ketika hadir di sebuah acara resmi atau acara penting lainnya, kebaya punya pesan khusus. Ayo Pakai Kebaya di berbagai aktivitas Anda dan sampaikan pada dunia bahwa Anda bangga mengenakannya.


Sesuaikan kebaya yang Anda kenakan dengan tema acara, waktu dan jenis acara agar tak terkesan salah kostum. Ketika harus hadir ke acara resmi, praktikkan etika berkebaya menurut Mien Uno (pakar etika dan pemilik Lembaga Pendidikan Duta Bangsa) berikut ini :

1. Berdiri Jam 12 Kurang 10

Berdirilah dengan gaya kaki tertutup yaitu gaya jam 12 kurang 10, dimana kaki kanan menghadap lurus ke depan sementara kaki kiri menyudut di belakang menghadap jam 10.

2. Mengatur Badan

Ketika berkebaya, baik ketika berdiri ataupun duduk, posisikanlah badan agar tegak, namun tidak berlebihan seakan ingin menonjolkan lekuk badan. Saat duduk, tegakkan badan rata dengan punggung. Ini akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan menarik

3. Posisi Kaki Saat Duduk

Miringkan posisi kaki utama, atau kaitkan pergelangan kaki, atau tempatkan kaki kiri di atas kaki kanan atau sebaliknya. Jangan lupa untuk menempatkan posisi tangan di pangkuan

4. Posisi Tangan

Kebaya adalah busana yang elegan, karena itu posisi tangan jangan terlalu jauh dari pinggang. Hindari untuk bertolak pinggang. Ketika harus memegang benda lain seperti piring atau minuman dengan posisi tangan menekuk berikan jarak antara pinggang dan tangan sedikit saja.

5. Menempatkan Posisi Tas

Ketika berpergian ke acara formal, Anda  membawa tas kecil, bukan? Cara memegang yang baik adalah dengan menggenggam tas dari bawah, atau taruh diatas pangkuan Anda saat duduk. Saat makan, jangan biarkan tas berada dalam genggaman, sebaiknya duduklah di kursi dan letakan tas di belakang punggung sampai Anda selesai makan.

6. Sikap Dan Bahasa

Soal sikap dan bahasa yang digunakan pemakai kebaya akan turut berperan dalam penampilannya. Seperti berbicara dengan bahasa yang sopan dan suara yang tidak lantang disertai gestur tubuh yang anggun. Sikap, karakter serta bahasa harus diperhatikan ketika mengenakan kebaya agar kita menghargai apa yang kita pakai. (EDSUS KEBAYA 2014)

  • MajalahKartini.co.id

 ooo

AGAR BUAH DAN SAYUR TETAP SEGAR DI LEMARI PENDINGIN



Si kaya serat akan tetap penuh manfaat dengan cara menyimpan yang tepat!

Bagi ibu bekerja yang sibuk, berbelanja kebutuhan dapur biasanya dilakukan seminggu sekali. Butuh cara yang tepat untuk menyiasati penyimpanan sayur dan buah agar tidak cepat membusuk. Simak beberapa tips cara menyimpan sayur dan buah agar tetap segar:


Tips menyimpan sayuran di dalam kulkas:

  1. Bersihkan sayur dari kotoran yang menempel namun pastikan sayur tidak dicuci terlebih dahulu dan dalam keadaan kering saat akan disimpan di dalam kulkas. Bungkus dengan kantong plastik transparan dan simpan di dalam laci penyimpanan khusus.
  2. Hindari menyimpan sayur berjenis umbi-umbian seperti kentang, ubi, dan talas di dalam kulkas. Menyimpan jenis umbi-umbian dalam kulkas hanya akan membuatnya cepat busuk. Simpan diatas wadah terbuka di suhu ruangan.
  3. Untuk sayuran hijau, bungkus terlebih dahulu dengan kertas koran atau kertas tisu dan masukkan ke dalam kantong plastik transparan.
  4. Untuk jenis bawang-bawangan, sebaiknya digantung di wadah terbuka di suhu ruangan. Apabila ingin menyimpan di dalam kulkas, kupas dan simpan dalam wadah kedap udara.

Tips menyimpan buah di dalam kulkas:

  1. Simpan buah sesuai dengan jenisnya. Bungkus dengan plastik kedap udara karena setiap buah memiliki kandungan gas etilen yang berbeda.
  2. Hindari mencuci buah sebelum menyimpannya dalam kulkas. Proses pencucian akan membuat buah menjadi lembab dan lebih cepat membusuk. Jika terlanjur mencucinya, pastikan buah kering sebelum disimpan.
  3. Seperti halnya penyakit yang menular, buah yang sudah terlalu matang dan mendekati busuk akan menularkan ke buah lain yang masih dalam kondisi baik. Penting untuk memisahkan buah sesuai tingkat kematangannya dan gunakan buah yang paling matang terlebih dahulu.
  4. Untuk kelompok buah berry seperti blueberry, raspberry, dan strawberry sebaiknya memastikan buah kering sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Simpan di dalam wadah kedap udara dan beri alas kertas tissue.
  5. Untuk beberapa buah tertentu seperti semangka, pisang, pepaya dan melon sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas langsung setelah dibeli karena buah jenis ini cepat matang dan mudah rusak oleh gas etilen. Masukkan kulkas beberapa saat sebelum dikonsumsi saja apabila ingin tetap dinikmati dalam keadaan dingin.
  6. Apabila ingin menyimpan buah yang sudah dalam keadaan terbuka atau terbelah ke dalam kulkas, sebaiknya bungkus dengan menggunakan plastik kedap udara terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi udara dalam kulkas yang dapat mempengaruhi rasa. 

  • MajalahKartini.co.id


 (Buletin Edisi 27, edisi khusus Kongres Surabaya 2015)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI