INFO KESEHATAN



GAYA HIDUP


Sehat dengan Infused Water

Konon sejak abad ke 10 para ahli medis di Persia dan juga diperkuat oleh pendapat DR. David PEMILIK Exodus Health Center USA bahwa air matang yang dicampur irisan buah-buahan, herbal sangat berperan penting dalam membersihkan sistem tubuh.

Misalnya dapat menghaluskan kulit, apalagi jika air minum itu dimasukkan irisan buah lemon (asam) yang mengandung asam sitrat yang dapat membersihkan batu kalsium dan mencegah penumpukkan kalsium pada pembuluh arteri dan sebagai antioksidan.


Untuk dapat mencobanya anda siapkan gelas diisi ½ liter air minum lalu masukkan irisan lemon tanpa gula atau irisan jeruk nipis, tetapi jangan langsung diminum tetapi didiamkan beberapa jam agar sari pati buah tersebut keluar menyatu dengan air.

Selain manfaat yang menyehatkan tubuh juga dapat menghilangkan dahaga.


Jangan asal pakai kontak lens (softlens)

Pemakaian kontak lens sembarangan akan menyebabkan mata rusak dan bisa merusak kornea mata sehingga dapat menimbulkan komplikasi yang dapat menurunkan penglihatan.

Untuk itu sebaiknya menambah keindahan mata harus memilih kontak lens yang tepat adalah pendapat dokter-dokter spesialis mata.

Sedangkan akibat fatal dari salah memilih adalah, antara lain :

  • Kelopak mata alergi, melipat ke dalam, meradang dan infeksi kornea
  • Bakteri dan virus masuk dan menyebabkan konjungtivitis atau penyakit mata merah.
  • Kornea mata lecet menimbulkan reaksi terhadap cairan kontak lens rasa mengganjal dan pembentukkan pembuluh darah baru dan mata kering.
  • Dalam jangka panjang akan timbul perubahan kurvatura kornea dan iregularitas kornea.

Untuk baiknya jika Anda menggunakan kontak lens harus diwaspadai :

  • Terasa sakit
  • Mata berair
  • Kotoran mata yang berlebihan
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Timbul kemerahan pada konjungtiva
  • Terasa gatal

Segeralah anda konsultasi kepada Dokter Mata.


  • Kiki Sarwoko (PP PIISEI) 

 ooo



SERAI, TANAMAN SEJUTA MANFAAT


Serai (Cymbopogon citratus), atau yang lebih sering disebut Sereh, memiliki aroma yang harum dan memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Karena aromanya itu, serai dijadikan bahan baku untuk membuat sabun, lotion atau minyak aromaterapi. Selain dimanfaatkan keharumannya, serai juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Anda dapat membuat sendiri serai sebagai obat tradisional untuk mengobati batuk, sakit gigi, maag atau keseleo dengan resep-resep di bawah ini.


Serai memliki kandungan antibakteri dan antimikroba sehingga sangat baik untuk mencegah infeksi. Selain itu, terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Manfaat lain dari serai adalah dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, obat kumur dan penghangat badan.


Obat Batuk

Jika batuk Anda tidak kunjung sembuh, Anda dapat mencoba resep dengan bahan serai untuk menyembuhkannya.

  • Resep I:

Rebus 50 gram daun serai kering dalam 2 gelas air. Rebus sampai air menyusut hingga setengah gelas. Minum 3 kali sehari untuk mengusir batuk.

  • Resep II:

Ambil akar serai sebanyak 5 gram. Cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Bagi 2 hasil rebusan untuk diminum pada pagi dan sore hari.


Obat Sakit Gigi

  • Resep:

40 gram daun serai segar direbus dalam 2 gelas air sampai air tinggal ½ gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi.


Obat Keseleo atau Terkilir

  • Resep:

2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air ditumbuk . Panaskan diatas api. Setelah cukup panas, tempatkan pada bagian yang terkilir.


Obat Sakit Maag

  • Resep:

40 gram serai segar rebus dalam 2 gelas air dan biarkan sampai air tersisa ½ gelas. Minum 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.


Obat Pengusir Nyamuk

  • Resep:
Letakkan daun serai beserta minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada di bawah wadah aromaterapi. Api yang menyala akan membuat wangi daun serai menyebar. Wangi ini tidak disukai nyamuk, sehingga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

Menghilangkan Nyeri dan Penghangat Tubuh
  • Resep:
Anda dapat mengoleskan minyak serai pada tubuh untuk meredakan rasa nyeri sendi, pegal otot atau sakit kepala. Minyak serai yang diborehkan akan memberikan rasa hangat pada tubuh serta kandungan analgesik yang berguna mengurangi rasa nyeri. Minyak serai dapat dibeli pada apotik atau toko obat.
 
Perhatikan Hal Berikut saat Menggunakan Serai

Minyak serai terasa sangat panas, Oleh sebab itu, sebaiknya minyak serai tidak digunakan secara langsung karena pada beberapa orang, minyak serai dapat menimbulkan iritasi pada kulit, khususnya jika kulit Anda tergolong kulit sensitif. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menambahkan minyak pelarut sebelum digunakan pada kulit agar minyak yang dipakai tidak terlalu pekat. Olehkan dulu pada area kecil kulit dan lihat apakah kulit mengalami iritasi atau tidak. Minyak serai juga tidak disarankan digunakan pada wanita hamil karena dapat meningkatkan denyut jantung secara berlebihan.


  • Susie Yasin (PIISEI Cabang Jaya)



 (Buletin Edisi 27, edisi khusus Kongres Surabaya 2015)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL

TURNAMEN GOLF AMAL PIISEI PUSAT

BERITA ORGANISASI